You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Manfaat Nira Aren

Administrator 29 Juni 2020 Dibaca 580 Kali

Di Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap terdapat beberapa orang yang bermata pencaharian menyadap nira aren. Pohon aren (Arenga pinntata Merr) banyak tumbuh di daerah beriklim tropis. Hampir semua bagian fisik dari pohon aren dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, dari semua bagian pohon, nira aren adalah bagian yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Pada tanaman aren yang sehat, setiap bunga jantan dapat menghasilkan nira sebanyak 800-1.800 liter per tandan, sedangkan pada tanaman aren yang pertumbuhannya kurang baik hanya rata-rata 300-400 liter per tandan (Lutony:1993). Nira aren yang masih segar dan rasanya manis dapat langsung diminum. Nira aren juga dapat dibuat menjadi gula cetak, gula semut dan gula cair. Sedangkan nira aren hasil fermentasi dapat menghasilkan cuka dan alkohol.

Kandungan kimia yang terdapat dalam nira aren bersifat sebagai peluruh haid, pencegah kehamilan, peluruh air seni (diuretik), dan pencahar. Air nira aren juga bermanfaat untuk mengatasi sariawan, radang paru dan disentri. (Afa)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image