You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Mengingat Hari Lahirnya Pancasila

Administrator 01 Juni 2020 Dibaca 341 Kali

Hargorejo, Senin (1/6/2020) Mari kita mengingat sekilas sejarah.  Hari ini 75 tahun lalu, tepatnya 1 Juni 1945 didepan  sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) Presiden Indonesia pertama Ir. Soekarno menyampaikan lima sila atau dasar yang merupakan konsepnya mengenai dasar negara  kita.

Di dalam pidatonya pada sidang BPUPKI itu, Bung Karno merangkum ke-lima sila tersebut dalam satu kesatuan istilah yang disebut sebagai Pancasila.

"Namanya bukan Panca Darma, tetapi—saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa—namanya ialah Pancasila. Sila artinya asas atau dasar, dan di atas ke-lima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi," seru Soekarno dikutip dari pemberitaan Harian Kompas, 1 Juni 2011. Tanggal 1 Juni kemudian diperingati secara nasional sebagai Hari Lahir Pancasila. (Kompas.com 2020/06/01/091041765/hari-ini-dalam-sejarah-hari-lahir-pancasila)

Penulis : Jawahir Gustav Rizal Editor : Inggried Dwi W)

Pidato Bung Karno dalam sidang BPUPKI inilah yang dianggap sebagai cikal bakal kelahiran Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Dan kita semua digunakan hingga saat ini. (Wir)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image