You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Pemahaman Kata Takjil yang Salah

Administrator 03 Mei 2020 Dibaca 485 Kali

Hargorejo (3/5/2020) Tak terasa yaaa, kita sudah seminggu lebih menjalani ibadah puasa. Dan yakin sekali ibadah puasa kali ini sangat berbeda. Kita melaksanakan ibadah puasa di tengah pandemi. Di mana ibadah yang biasa kita lakukan di masjid, harus kita lakukan di rumah.

Di bulan-bulan puasa yang lalu kita sering mendengar bahwa "di masjid ada takjil gratis". Atau kita sering mendengar "Saya dapat jatah membuat takjil" atau "hari ini kita membuat takjil apa?"

Hal ini juga sering saya lakukan. Dan ternyata setelah membuka kamus bahasa Indonesia takjil dalam kata kerja mempunyai arti menyegerakan berbuka puasa. Sepadan dalam munculnya kata takjil dari bahasa Arab dalam kamus Al-Munawwir juga disebutkan Ta'jil berasal dari kata 'ajjala-yu'ajjilu-ta'jiilan yg artinya menyegerakan.

Jika pada kalimat "hari ini saya mendapat jatah membuat takjil" maka dapat diartikan, atau konteks takjil disini adalah makanan untuk berbuka puasa. Dan memang sebagian dari kita masih mengartikan takjil sebagai makanan atau hidangan untuk berbuka puasa ramadan, padahal itu salah.

Jadi, makna sebenarnya dari  kata takjil adalah menyegerakan untuk berbuka puasa ya temen-temen. Bukan makanan pembuka puasa. Selamat menjalankan ibaadah puasa, Semangat ya. (Wir)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image