You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Cara Membuat Lontong yang Cantik dan Kesat

Administrator 13 Mei 2020 Dibaca 417 Kali

Hargorejo, (Rabu,13/5/2020) Menyambut hari raya Idhul Fitri biasanya kita membuat ketupat dengan lauk opor ayam,atau hanya sekedar tempe bacem dan tahu bacem.

Membuat ketupat butuh keahlian khusus dan beberapa orang belum menguasai ketrampilan ini. Ketupat bisa diganti lontong dengan cara yang sama hanya berbeda pembungkusnya. Ketupat dianyam dari janur (daun kelapa yang masih muda) sedangkan lontong menggunakan daun pisang klutuk,pisang kapok atau daun pisang bandung

Cara membuatnya sangat mudah. Jemur daun pisang beberapa menit di bawah sinar matahari sampai layu (alum), ambil daunnya, sobek agak besar dan lap pakai kain yang bersih,kemudian gulung daun pisang tersebut dan ujung nya dilipat pakai lidi

Kemudian bersih kan beras yang sudah ditiriskan dan masukan ke dalam daun yang sudah digulung tersebut dengan ukuran separo dari gulungan daun tadi,tutup pakai lidi.
Masukan ke dalam panci yang berisi air mendidih sampai 2 - 3 jam, agar kelihatan cantik dan kesat, air rebusan lontong diberi perasan jeruk nipis dan air injet sedikit,setelah matang angkat dan sebelum ditiriskan dicuci pakai air hangat agar kelihatan cantik. Selamat mencoba! (Ret)

 Artikel terkait: http://hargorejo-kulonprogo.desa.id/index.php/web/form/1/2/0/1008

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image