You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Cara-Cara Melakukan Pembiasaan Pada Anak atau Diri Kita.

Administrator 13 Mei 2020 Dibaca 420 Kali

Hargorejo, Rabu (13/5/2020) melakukan pembiasaan itu tidak mudah. Jangankan kepada orang lain ataupun anak kita, kepada diri sendiri pun sulit.  Pembiasaan yang baik membutuhkan trik dan cara tersendiri.

Kita simak yuk *) :
1. Tanamkan kesadaran dalam diri sendiri bahwa kita harus melakukan pembiasaan yang diinginkan (niat);

2. Mulai pembiasaan itu sebelum terlambat yaitu sebelum seseorang itu mempunyai kebiasaan lain yang berlawanan dengan hal-hal yang akan dibiasakan. Memulai jauh lebih mudah daripada mengubah;

3. Pembiasaan  itu harusnya dilakukan secara terus menerus (berulang-ulang) teratur. Sehingga akhir dari pembiasaan itu akan dilakukan secara otomatis dan akan merasa kurang atau ganjil jika belum melakukannya;

4. Konsekuen, yaitu bersikap tegas dan tetap teguh terhadap pendiriannya yang telah diambil. Jangan memberi kesempatan diri kita, atau seseorang yang ingin melakukan pembiasaan   untuk melanggar pembiasaan yang telah ditetapkan. (kecuali dalam kondisi tertentu, sakit misalnya) 


Dan melakukan pembiasaan  benar-benar butuh konsistensi diri, dukungan dan komunikasi dengan orang lain. Bisa saja  kita ingin melakukan pembiasaan positif tapi tenyata orang disekeliling kita kurang mendukung karena kurang komunikasi. Dan sekali lagi, meskipun semua dari dalam diri kita.kita tetap butuh dukungan orang lain.

*) dikutip dari metode pembiasaan (wir)

Artikel terkait; http://hargorejo-kulonprogo.desa.id/index.php/web/form/1/1/0/1012

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image