You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Suruhan, Si Kecil Yang Bermanfaat

Administrator 04 Maret 2020 Dibaca 415 Kali

Ketika sedang sakit, banyak dari kita yang langsung merujuk ke dokter atau obat-obatan yang dijual bebas di pasaran. Padahal, terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan yang dijual secara bebas bisa mengganggu kesehatan kita, terutama apabila kita salah dalam memilih obat yang sesuai untuk penyakit yang diderita. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan dari dokter sebenarnya juga tidak baik. Obat yang diminum harus sesuai dengan resep dokter dalam takaran minumnya. Pasalnya, mengkonsumsi obat dari dokter secara berlebihan bisa menimbulkan kerusakan pada organ hati, yang berperan dalam memecah dan mengubah zat kimia dalam obat agar bisa digunakan oleh tubuh secara efektif.

Untuk mengobati berbagai macam penyakit, tidak ada salahnya kita beralih pada tanaman herbal yang ada di sekitar kita. Salah satu tanaman yang banyak tumbuh di sekitar kita adalah daun suruhan (Peperomia Pellucida) atau yang biasa disebut dengan tumpang air atau sirih cina. Tinggi pohon berkisar antara 10-45 cm, berdaun lebar dan tebal, batangnya cerah berarir. Tanaman ini banyak tumbuh di pekarangan atau media tanam yang lembab.

Suruhan atau tumpang air selain untuk dimakan juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, mengobati ginjal, asam urat, demam, mencegah sel kanker, sebagai antoksidan serta antiinflamatory atau peradangan. Untuk menurunkan kolesterol, daun diambil dan dibersihkan lalu direbus dalam tiga gelas air hingga tersisa dua gelas. Setelah dingin lalu diminum sebanyak tiga kali dalam sehari. Sedangkan untuk menyembuhkan demam, daun suruhan ditumbuk hingga halus lalu dibalurkan pada kening sambil senantiasa dicek hingga demam mereda. (afa)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image