You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Pentingnya Sosialisasi Gerakan Sayang Ibu (GSI) Untuk Kurangi Angka Kematian Ibu dan Anak (AKI)

Administrator 15 Maret 2020 Dibaca 628 Kali

Hargorejo News (15/3/20) Pada hari Sabtu, 14 Maret 2020 meskipun merupakan akhir pekan tidak menjadi halangan untuk tetap berkegiatan demi masyarakat hargorejo, ya pada akhir pekan ini diadakan GSI seperti tahun tahun sebelumnya GSI diadakan setahun sekali apa itu GSI?

Adalah kepanjangan dari Gerakan Sayang Ibu, sebuah gerakan percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi yang dilaksanakan bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat, untuk lebih meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepedulian dalam upaya interaktif dan sinergis, dimana kesehatan ibu dan anak merupakan salah satu wujud hak asasi perempuan dan anak, akan tetapi pada saat ini kesehatan ibu dan anak khususnya bayi baru lahir, merupakan tugas bersama antara pemerintah, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, organisasi perempuan dan organisasi profesi, dalam hal ini Puskesmas Kokap I bersinergi dengan Kalurahan Hargorejo bersama PKK Hargorejo, hadir pada acara itu sekitar 30 orang terdiri dari Puskesmas kokap I sebagai Nara sumber dan pengurus kelembagaan GSI Kalurahan Hargorejo yang dibuka oleh Kamituwa mewakili Lurah dengan didampingi Babinsa Hargorejo.

Nara sumber yang terdiri dari Rini Suparti, Suharsinah dan Bekti Astuti menyampaikan beberapa materi seputar GSI dan yang terpenting pada pertemuan kali ini adalah Rencana tindak lanjuti, diantaranya adalah mencatat ibu hamil di masing masing pedukuhan dan mengidentifikasi kesiapan Donor darah, Tabulin (Tabungan Ibu Bersalin), Ambulan, Dasolin (Dana Sosial Untuk Ibu Hamil), dsb harapannya dengan semua bergerak tidak akan ada kematian Ibu hamil dan bayi. (CND)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image