You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Gunung Rego wakili Hargorejo lomba olahan Jahe Merah

Administrator 12 Maret 2020 Dibaca 378 Kali

Hargorejo, Kamis (12/03/2020) Dalam rangka mengikuti Lomba olahan jahe merah di Kepatihan Kamis, (12/3/2020) di Komplek Kepatihan DIY. Kalurahan Hargorejo mewakilkan dasawisma 19 RW 5 Padukuhan Gunung Rego.

Kelompok DASA Wisma yang hampir satu tahun mengelola tanaman herbal jenis jahe merah di wilayah ini mengolah Jenis empon-empon jahe merah ini menjadi olahan makanan yang dinamai Gulpa Jamer. Eri (Ketua Kelompok) olahan mengatakan Gulpa Jamer ini terbuat dari gula Jawa, kelapa, dan jahe merah.

Kelompok ini awal tahun 2019 mendapatkan bantuan bibit jahe merah dari BEJO Bintang Toedjoe sebanyak 3 kilo, dan setahun kemudian dalam setelah dipanen telah berkembang menjadi 30 kilo. Untuk harga Jahe Merah sendiri Eri mengatakan biasa menjual 40 ribu/kilo.

Ditambahkan oleh Eri sebenarnya saat ini jahe merah sangat dicari dipasaran karena jahe merah ditengarai bisa menangkal virus Corona, bahkan untuk bulan-bulan ini harga Jahe merah perkilo bisa mencapai 75 ribu.

"Kemarin saya panen 10 bulan karena untuk konsumsi, sedang kalau untuk bibit jahe bisa dimanfaatkan setelah 14 bulan" ungkap Eri (Wir)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image