You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

KENAPA SANGKREK?

Administrator 11 Maret 2020 Dibaca 525 Kali

SANGKREK, adalah salah satu dari 16 Pedukuhan yang berada di wilayah Kalurahan Hargorejo Kapanewon Kokap Kabupaten Kulon Progo, berada di lereng perbukitan Menoreh dengan penduduk sebanyak 182 KK; bermata pencaharian beraneka ragam mulai dari Petani, Penderes, Pedagang, Tukang Kayu, Tukang Batu, Buruh Migran, Buruh Tani sampai Pegawai Negeri Sipil. Meskipun berada di daerah perbukitan,Sangkrek memiliki area sawah yaitu sawah tadah hujan sehingga menanam padi hanya sekali dalam setahun. Halaman pekarangan warga selain ditanami tanaman pangan seperti ketela, pisang, papaya, nangka, petai dan buah-bauhan lainnya juga ditanami tanaman keras seperti jati, sengor, sengon, albasia, mahoni, juga Hijauan Pakan ternak (HPT); tanaman untuk diambil daunnya guna memenuhi makanan ternak karena sebagian masyarakat di Pedukuhan Sangkrek beternak kambing dan lembu.
Pedukuhan Sangkrek sebelumnya merupakan dua wilayah atau penggabungan 2 wilayah yang terpisah dan dibatasi oleh sungai. Berdasarkan penelusuran dan hasil informasi dari warga yang sudah berusia lanjut di Pedukuhan Sangkrek dan Pedukuhan Selo Barat ( ada simbah Sarifudin, simbah Sutrisno dll ), bahwa wilayah Pedukuhan Sangkrek sebelah barat sungai dahulu merupakan wilayah Kalurahan Selo. Wilayah Kalurahan Selo pada jaman penjajahan sekitar tahun 1935 – 1942, sebagian tanahnya diminta oleh Pemerintah untuk dijadikan Hutan Negara sehingga sisa wilayah Kalurahan Selo yang tidak terkena kemudian digabung dengan Kalurahan Kriyan dan sebagian lagi digabung dengan Kalurahan Kokap. Dan diantara kedua wilayah tersebut ada Hutan Negara. Hutan ini membelah Kalurahan Selo dan Pedukuhan Sangkrek sebelah Utara masuk wilayah Bacekan Kalurahan Kokap.
Kenapa dan mengapa disebut SANGKREK, kapan penggabungan 2 wilayah tersebut itu terjadi serta kapan wilayah BACEKAN yang dulu disebut dusun / pedukuhan atau apapun namanya kemudian mengalami pemekaran menjadi sebagian ikut Pedukuhan Sangkrek, menjadi Pedukuhan Tejogan, Pedukuhan Sambeng dan sebagian lagi masuk wilayah Pedukuhan Kliripan dan Selo Timur kita bahas di tulisan berikutnya. Salam bersambung (koes)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image