You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Sosialisasi PTPPO (Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang)

Administrator 17 Februari 2020 Dibaca 330 Kali

Hargorejo Senin (17/20/2020) pada Ahad (16/02/2020) diselenggarakan Sosialisasi PTPPO (Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang) Acara ini dihadiri oleh P3A Sekar Melati dan karang taruna desa Hargorejo yang berasal dari karang taruna unit (dusun) umur 18 - 30 tahun sebagai calon tenaga kerja, dengan pembicara yaitu Bu Sri Kuswandi, S.E dari BP3TKI DIY dan Muh. Mansur dari Mitra Wacana. Mengupas tentang proses perekrutan dan penempatan tenaga kerja dan tentang perdagangan orang.

Dalam acara ini juga disampaikan bahwa peranan desa dalam proses perekrutan dan penempatan adalah memberikan akses kepada warga desa terkait syarat administrasi kerja keluar negeri, informasi lowongan kerja dari disnaker, dan pendataan warga desa yang bekerja merantau keluar desa.

Sementara peranan komunitas warga desa seperti Karang Taruna dan P3A adalah mengkampanyekan mengenai proses perekrutan sampai penempatan tenaga kerja agar terhindar dari perdagangan orang (trafficking).

Perlu diketahui bahwa di kabupaten Kulonprogo angka Pekerja Migran Indonesia tertinggi se-DIY. Dan pembangunan kota bandara dengan infrastrukturnya akan mengubah menjadi kota industri yang menunjang pariwisata rentan akan praktek perdagangan orang. Sehingga diupayakan tindakan pencegahan perdagangan orang dengan pembinaan dan pemberdayaan masyarakatnya.

Credit foto : Restu Baskara

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image