You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Batik Ngudi Rejeki Mendapat Pesanan Slayer dari Riau

Administrator 15 Januari 2020 Dibaca 483 Kali

Selasa ( 15/01/2020) Indonesia adalah negara yang terkenal dengan batiknya. Batik sendiri juga sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli dari Indonesia. Dan ternyata batik yang berasal dari Indonesia ada banyak motifnya.
Awalnya batik diciptakan memakai kain berwarna putih yang terbuat dari bahan kapas (kain mori). Seiring perubahan jaman proses membuat kain batik bisa juga memakai katun, sutera, rayon, poliester, serta bahan sintetis yang lain. Macam Motif batik itu sendiri diciptakan memakai cairan lilin dengan media alat yakni canting untuk motif halus, serta kuas untuk motif batik tulis yang memiliki ukuran besar. Setelah itu cairan lilin itu akan meresap dengan baik ke dalam serat kain. Kain yang telah usai dilukis memakai canting tadi lalu dicelup untuk pewarnaan.
Lalu bagaimana dengan UMKM Ngudi rejeki Hargorejo . Kelompok ini adalah satu-satunya pengiat kerajinan batik yang ada di Desa Hargorejo. Di ketuai oleh Nur Tri Yuliastuti UMKM ini terus bergerak mengembangkan usahanya. Selain terus melakukan kegiatan batik, yang terpusat di sambeng, kelompok ini juga sering medapat pesanan dari luar. Seperti hal nya hari ini anggota UMKM batik Ngudi Rejeki sedang mengerjakan pesanan batik dari Riau yang berupa slayer (wir) Sumber : Rusmiyem

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image