You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Batik Ngudi Rejeki Hargorejo Siap Mendunia

Administrator 13 September 2019 Dibaca 321 Kali

Batik merupakan kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain. Demikian juga dengan pengolahannya yang diproses dengan cara tertentu untuk memiliki kekhasan.

Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009 ( Wikipedia)

Di Hargorejo sendiri sudah 4 tahun batik mulai dikembangkan. Pengembangan batik ini pendapatkan respon positif dari Pemerintah Kabupaten dan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan adanya Bantuan dari Disperindag berupa alat membatik dan pelatihan-pelatihan.

Batik Ngudi Rejeki telah di Lounchingkan pada tahun 2016 oleh Wakil Bupati Kulon Progo Sutedjo. Menurut ketua UMKM Ngudi Rejeki Nurtri Yuliastuti "untuk meningkatkan usaha ekonomi produktif yang ada di Hargorejo. Selain untuk pemberdayaan perempuan juga untuk menyiapkan SDM kita menghadapi adanya Bandara di Kulon Progo (Wir)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image