You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Nguri -Nguri Seni Budaya Tradisonal Jatilan Klasik

Administrator 26 November 2019 Dibaca 375 Kali

Dalam rangka ikut menjaga dan melestarikan serta mengembangkan seni tradisi kerakyatan adat budaya jawa sebagai media pemersatu warga serta ikut menciptakan masyarakat yang bertoleransi antar umat beragama, Aman, Tenteram dan Damai,
 Sabtu, 23 Nopember 2019 Kelompok Kesenian Jatilan Klasik “ LANGEN TURONGGO WISNU BODRO “ Pedukuhan Sangkrek Desa Hargorejo Kecamatan Kokap menyelenggarakan Kegiatan “ NGURI-NGURI SENI BUDAYA TRADISIONAL JATILAN KLASIK“.
Grup Kesenian Tradisional Jatilan klasik “ LANGEN TURONGGO WISNU BODRO “ Pedukuhan Sangkrek Desa Hargorejo Kecamatan Kokap yang telah berdiri sejak tahun 1958 dengan empu/sesepuh NOYOKARYO sebagai Generasi Pertama yang kemudian diturunkan ke Generasi Kedua SYAIFUDIN SUKARDI dan SARTOWIYONO. Sekarang sudah Generasi Ketiga DARUN KASIRAN
Bapak MUNAWARUDIN selaku Ketua Kelompok Seni Jatilan Klasik yang diamini oleh Dukuh Sangkrek berharap paling tidak tiap 2 atau 3 bulan sekali dapat diadakan pagelaran ini guna mengasah kemampuan para pemain untuk lebih baik dalam setiap penampilan serta kedepannya dapat menarik generasi muda mau belajar dan mencintai Seni Jatilan warisan para leluhur agar dapat berkembang dan tidak punah. Apalagi bila nanti Desa Hargorejo ditetapkannya sebagai Desa Budaya atau Desa Wisata berbasis Budaya Tradisional, Kelompok Seni Tradisional Jatilan Klasik khususnya dan masyarakat Pedukuhan Sangkrek pada umumnya akan berusaha untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan seni-seni yang selama ini telah ada dan telah dimiliki oleh masyarakat Pedukuhan Sangkrek seperti Seni Tradisional Jatilan Klasik, Hadroh, dll ( koes )

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image