You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

IDI: 'Yayasan Dunia Bebas Asap Rokok' Dibentuk untuk Mengecoh Masyarakat

Administrator 22 November 2019 Dibaca 312 Kali

KBR, Jakarta - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan sejumlah perhimpunan dokter menolak bekerjasama dengan Foundation for A Smoke-Free World atau yayasan "dunia bebas asap rokok".

Yayasan itu didirikan perusahaan rokok Philip Morris International.

Ketua Umum PB IDI Daeng M Faqih mengatakan yayasan itu justru mempromosikan bentuk lain dari rokok. Ia pun menduga The Foundation for a Smoke-Free World hanya strategi bisnis.

"Kami sepakat menyatakan menolak semua aktivitas yang dilaksanakan fondation tersebut karena mengkampanyekan sesuatu yang bertentangan atau sesuatu yang mengganggu kesehatan," kata Daeng M Faqih di Kantor PB IDI, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Daeng menilai pemakaian istilah bebas asap rokok ini mirip dengan istilah yang dipakai oleh kalangan kesehatan. Ia menduga industri rokok multinasional berupaya mengecoh masyarakat sebagai bagian untuk memasarkan produk tembakau baru, yaitu rokok elektronik atau tembakau yang dipanaskan.

"Rokok biasa dan rokok elektronik sama berbahayanya dan sama-sama menyebabkan kecanduan. Bahkan bisa menyebabkan kecanduan ganda, yaitu kecanduan rokok biasa dan rokok elektronik," kata Daeng.

Karena itu, Daeng berharap para praktisi kesehatan di Indonesia cukup terinformasi dan mewaspadai strategi yang dilakukan industri rokok multinasional tersebut.

Author

Valda Kustarini

Editor: Agus Luqman 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image