Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

Bukan Hanya Milenial, Kini Anak PAUD Juga "Mainan" Podcast

02 Oktober 2019 13:27:16  Administrator  188 Kali Dibaca  Berita Desa

[KBR|Warita Desa] Saat ini podcast populer di kalangan milenial. Menurut survei Daily Social tahun 2018, mayoritas pendengar podcast di Indonesia berasal dari kelompok usia 20-29 tahun.

Tapi, bukan berarti tren podcast tidak menjangkau anak-anak. Menurut Badan Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK), di tahun 2018 saja sudah ada ratusan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang menerapkan pembelajaran berbasis podcast. 

"Pada tahun 2018 telah terealisasi sebanyak 525 satuan pendidikan TK/PAUD sebagai rintisan sekolah model media audio," jelas BPMRPK dalam laporan kinerjanya.

Beragam konten podcast untuk PAUD itu bisa diakses juga secara bebas di situs Radio Edukasi.


Podcast Buatan BPMRPK Kemendikbud

BPMRPK adalah lembaga di bawah Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertugas mengembangkan pendidikan berbasis media radio sejak 1980.

Menariknya, sejak tahun 2014 mereka juga mengembangkan materi pembelajaran berbasis podcast untuk anak-anak dan guru, terutama untuk mereka yang tinggal di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal).

Hal ini dijelaskan peneliti BPMRPK Faiza Indriastuti dan Wawan Tri Saksono dalam laporan Podcast Sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio (2014).

"Podcast media audio pembelajaran yang dikembangkan BPMRP Kemdikbud ini dirancang untuk dapat diunduh dan didengarkan, sebagai salah satu sumber belajar bagi peserta didik," jelas mereka.

Sampai sekarang BPMRPK sudah memiliki seribuan konten podcast bertema edukasi, serta konten perpaduan edukasi dan hiburan atau edutainment.

Materinya pun beragam mulai dari pembelajaran PAUD, pendidikan tunanetra, pendidikan karakter, pengetahuan umum SD-SMP, pelajaran bahasa Inggris SD-SMP, sampai materi bimbingan untuk guru.

Menurut Faiza dan Wawan (2014), podcast adalah sumber belajar yang efektif karena mampu menggugah imajinasi, dan kontennya lebih dinamis ketimbang buku.

"Dalam e-learning, podcast bisa menjadi media yang efektif bagi peserta didik yang mempunyai kesulitan dalam mengikuti pembelajaran. Karena podcast dinilai dapat menjelaskan hal-hal yang tidak mereka pahami," kata mereka.

 
Oleh : Adhi Ahdiat
Editor: Sindu Dharmawan

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Komentar Terbaru

Wilayah Kalurahan

Peta Desa

DATA BANTUAN DITERIMA WARGA HARGOREJO TAHUN 2020-2022

Data Kelompok Penerima Manfaat BLT Dana Desa Tahun 2022

DATA UMKM HARGOREJO TAHUN 2022

DTKS Hargorejo Tahun 2022

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : KRIYAN, HARGOREJO, KOKAP, KULON PROGO
Kalurahan : HARGOREJO
Kapanewon : KOKAP
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55653
Telepon : 02747721380
Email : pemdes13hargorejo@gmail.com

Statistik SID

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.379
    Kemarin:2.506
    Total Pengunjung:152.086
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.205.56.183
    Browser:Tidak ditemukan