You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi KALURAHAN HARGOREJO

Kap KOKAP, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta

Kolak Pisang, Menu Berbuka Puasa yang Sehat


Hargorejo (7/5/20) Kolak pisang, selain rasanya yang manis dan gurih juga mengenyangkan menjadi menu favorit masyarakat saat berbuka. Kudapan ini seakan tidak pernah absen pada setiap bulan Ramadhan. Kolak pisang biasanya dibuat dari bahan-bahan seperti santan, pisang, serta gula merah. Cara membuatnya pun cukup mudah, tinggal mendidihkan santan dan gula, setelah itu masukkan pisang yang telah dipotong-potong dan diberi penambah aroma seperti daun pandan atau salam.

Dalam semangkuk kolak pisang mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan, terutama kandungan karbohidratnya yang tinggi. Dalam pisang sendiri mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin B6, vitamin C, kalsium dan kalium yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahan lainnya yaitu santan mengandung karbohidrat, protein, lemak dan beragam mineral yang diyakini dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. Sedangkan gula merah mengandung polifenol, senyawa anti oksidan, serta sejumlah mineral seperti zat besi, kalium dan kalsium. Sedangkan untuk ibu hamil, kolak pisang ternyata juga kaya akan asam folat yang bagus untuk perkembangan janin.(www.halodoc.com)

Meski begitu, dalam mengkonsumsi kolak pisang tidak boleh berlebih. Pasalnya, kolak pisang mengandung banyak gula sehingga mengkonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Selain itu, kandungan kolesterol dalam santan juga tidaklah baik jika dikonsumsi secara berlebih. Oleh karena itu, dalam mengkonsumsi makanan sangat penting untuk menjaga proporsi agar tubuh kita tetap sehat. (Afa)

doc:inet

Bagikan artikel ini: