You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi KALURAHAN HARGOREJO

Kap KOKAP, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta

TETAP TENANG, SUSUN STRATEGI


Hargorejo (2/4/20) Ketika virus Corona (Covid-19) mulai menginfeksi ribuan penduduk Indonesia serta mulai menginvasi ke berbagai daerah, kita harus tetap tenang dan menyusun strategi secara matang. Kita harus mampu menyusun strategi untuk melindungi diri kita sendiri, keluarga kita, bahkan lingkungan sekitar kita. Ibarat dalam sebuah peperangan, tetap tenang dan fokus adalah kuncinya. Lalu strategi seperti apa yang harus kita susun? Dalam hal ini, pemerintah sebagai kontrol masyarakat telah memberikan berbagai himbauan untuk melindungi diri beserta keluarga, yaitu dengan tetap di rumah untuk memutus rantai penyebaran virus. Himbauan untuk senantiasa memakai masker, cuci tangan dengan sabun atau handsanitizer secara berkala, serta menjaga jarak dengan orang lain sekitar 1-2 meter harus tetap dilaksanakan bagi mereka yang terpaksa harus bepergian.

Sistem imun dalam tubuh kita mudah berubah setiap saat. Oleh karena itu, kita juga harus menyusun strategi agar kondisi kesehatan kita tetap stabil. Memakan makanan dengan gizi seimbang, istirahat yang cukup, serta berolahraga secara teratur adalah cara yang baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun. Orang dewasa memerlukan istirahat sekitar 7-8 jam per hari, sedangkan anak-anak memerlukan waktu 10 jam lebih. Sedangkan untuk olahraga lebih baik dilakukan secara teratur minimal 30 menit sehari. Olahraga secara berlebihan tidak disarankan karena hal itu justru akan menghabiskan terlalu banyak energi , padahal energi tersebut sangat berguna untuk kekebalan tubuh. Selain tiga hal tersebut, kita juga harus bisa mengontrol stres dengan baik. Stres yang berkepanjangan dapat mengganggu kerja sistem imun dalam melawan virus. Sebagai tambahan, kita bisa mengkonsumsi berbagai macam suplemen penunjang daya tahan tubuh yang telah banyak beredar di pasaran.

Dengan memastikan bahwa kondisi kesehatan kita dalam kondisi yang prima, antibodi dalam tubuh kita akan dengan sendirinya melawan virus yang menginfeksi tubuh. Pun jika sudah terpapar, sistem imun dapat mempercepat proses pemulihan.
Karena harus tetap di rumah, kita juga harus mampu menyusun strategi finansial agar kondisi keuangan keluarga tetap bertahan, setidaknya selama masa lockdown. Tidak perlu melakukan panic buying, berbelanja dengan hemat dan cukup sudah baik, agar kita bisa menyisakan anggaran untuk membantu mereka yang kurang mampu .

Kita juga dapat membantu pemerintah dalam melawan penyebaran virus Corona dengan saling mengingatkan kepada sesama untuk mentaati himbauan pemerintah. Saling berbagi dengan mereka yang membutuhkan juga dapat memberi peluang kepada mereka yang kurang mampu untuk tetap di rumah. Dengan kesadaran diri yang besar, serta bahu membahu dengan sesama, kita berharap agar pandemi ini cepat berakhir. (Afa)

Bagikan artikel ini: