You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Forum Perempuan Hargorejo, Berdaya dengan Public Speaking

Admin Hargorejo 17 Januari 2024 Dibaca 132 Kali
Forum Perempuan Hargorejo, Berdaya dengan Public Speaking

Kemampuan public speaking yang baik dibutuhkan dalam menyampaikan pesan untuk mempengaruhi dan menginspirasi orang lain. Oleh karena itu kemampuan public speaking perlu dilatih secara bertahap dengan metode-metode public speaking yang ada. Begitu pula halnya dengan Forum Perempuan Hargorejo. Mengadakan pertemuan rutin pada Selasa (16/01/2024), forum dampingan Mitra Wacana Yogyakarta ini mengisi pertemuan dengan materi public speaking di Perpustakaan Swapustaka Hargorejo.

Muh. Mansur dari Mitra Wacana menyampaikan tentang metode-metode yang digunakan dalam public speaking agar kita dapat menyampaikan pesan dengan jelas dan meyakinkan, bahkan dapat mengubah pandangan, menginspirasi tindakan, dan memotivasi orang lain untuk mencapai suatu tujuan. Menurutnya, agar pesan dapat diterima oleh audiens, seorang publik speaker harus terlebih dahulu menguasai materi yang akan disampaikan. Usai materi yang disampaikan, para anggota diminta untuk melakukan presentasi secara spontan dengan menggunakan materi tentang objek benda yang ada di ruangan tersebut dikaitkan dengan pesan yang akan disampaikan selama minimal 30 detik.

Sebelumnya, semua anggota forum telah melakukan praktek public speaking secara langsung pada sosialisasi tindak pidana perdagangan orang (TPPO) yang diadakan di berbagai padukuhan di Hargorejo. Dengan melakukan praktek secara langsung, masing-masing anggota dapat mengidentifikasi kekurangan-kekurangan dalam menyampaikan materi agar dapat ditingkatkan kembali. Sebelum sosialisasi dilakukan, masing-masing anggota telah diberi pembekalan tentang materi yang akan disampaikan. Ketika monitoring dan evaluasi, para anggota juga telah diberikan teknik dasar dalam public speaking untuk melengkapi kekurangan mereka ketika menyampaikan materi kepada audiens. Dengan adanya pelatihan dan praktek yang dilakukan secara bertahap ini, diharapkan para anggota dapat menjadi motivator yang dapat meyakinkan dan mempengaruhi publik terhadap isu-isu yang diusung oleh forum, seperti tentang TPPO, literasi keuangan, manajemen keluarga dan lain sebagainya. (Ajru F)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image