You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Metode CTMP dalam Penggunaan Produk Perawatan Kulit Dasar

Admin Hargorejo 22 September 2023 Dibaca 54 Kali
Metode CTMP dalam Penggunaan Produk Perawatan Kulit Dasar

Bagi sebagian orang, merawat kulit wajah merupakan suatu hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan wajah merupakan anggota bagian tubuh yang pertama kali akan diperhatikan ketika berinteraksi dengan orang lain. Hal ini juga memungkinkan untuk mendorong kepercayaan yang ada pada diri sendiri ketika kulit wajah kita sehat dan terawat. Tak perlu melakukan perawatan di klinik yang mahal, kita bisa menggunakan produk perawatan kulit dasar (basic skincare) untuk merawat kulit wajah kita. Apa itu basic skincare dan apa saja produk-produk basic skincare itu? Mari simak pemaparan berikut ini.

Basic skincare dapat diartikan sebagai serangkaian perawatan kulit wajah yang paling mendasar dan menggunakan produk-produk yang tergolong sederhana. Basic skincare ini biasanya menggunakan metode CTMP yaitu Cleansing (membersihkan), Toning (menggunakan toner), Moisturizing (melembabkan), dan Protecting (melindungi).

Tahap pertama yaitu cleansing. Cleansing adalah membersihkan kulit wajah dari minyak, kotoran, dan debu yang ada pada wajah. Disarankan untuk melakukan cleansing 2 kali sehari, yaitu saat pagi dan malam hari.

Tahap kedua yaitu toning, toning merupakan pengaplikasian toner pada kulit wajah yang bertujuan untuk mengembalikan pH kulit akibat penggunaan facial wash pada tahapan cleansing. Selain itu, toner juga dapat berfungsi untuk melembabkan dan memberikan efek kenyal pada kulit.

Tahap ketiga yaitu moisturizing dengan mengaplikasikan pelembab pada kulit wajah. Untuk tipe kulit berminyak dapat menggunakan pelembab dengan bentuk gel agar mudah menyerap pada kulit. Sebaliknya untuk tipe kulit kering dapat menggunakan pelembab dengan bentuk krim. Pelembab berfungsi untuk melembabkan kulit dan mengunci produk skincare yang telah digunakan sebelumnya.

Tahap yang terakhir adalah protecting atau perlindungan dari sinar UV dengan menggunakan tabir surya atau sunscreen. Selain dapat melindungi dari paparan sinar matahari, tabir surya juga dapat berfungsi untuk mencegah tanda penuaan pada kulit wajah.

Penulis : Annisa Istika 

Sumber:

Halodoc - Begini Tahapan Basic Skincare dan Rekomendasi Produknya

Liputan 6 - Kulit Wajah Mulus dan Sehat, Cek Jurus CTMP dalam Ritual Skincare

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image