You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Pentingnya Personal Branding pada Media Sosial untuk Menunjang Karir

Admin Hargorejo 30 Agustus 2023 Dibaca 53 Kali
Pentingnya Personal Branding pada Media Sosial untuk Menunjang Karir

Personal Branding menurut Johnson, 2017 dapat diartikan sebagai suatu proses di mana seseorang menggunakan dirinya atau karirnya sebagai merek (brand) dan memasarkan dirinya kepada orang lain secara sistematis sehingga dapat menarik persepsi publik secara aktif. Saat ini, personal branding sangat penting keberadaannya. Hal ini didukung dengan kemajuan teknologi dan informasi dengan ciri banyaknya bermunculan platform media sosial yang dapat membangun personal branding, seperti TikTok, Instagram, Twitter, Facebook, Linkedln, dan lain-lain.

Platform tersebut dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan diri kita kepada khalayak umum. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan jaman sebelum berkembangnya teknologi dan informasi, pada saat itu personal branding kebanyakan melalui sarana mulut ke mulut atau melalui media cetak seperti koran, brosur, dan sebagainya. 

Personal Branding pada media sosial sangat penting dan dibutuhkan, apalagi untuk seseorang yang usianya masih tergolong muda dan di masa depan ia akan terjun ke dunia kerja. Berdasarkan informasi yang dilansir dari Trenasia.Com, 80% HRD akan melihat dan mempertimbangan media sosial pribadi milik pelamar pekerjaan dalam menerima karyawan dalam perusahaannya. Hal ini dikarenakan dalam akun media sosial seorang HRD dapat melihat karakter dari si pelamar serta apa yang disukainya, HRD juga dapat melihat preferensi konten yang dibagikan oleh si pelamar tersebut. 

Tips yang dapat dilakukan agar dapat membangun Personal Branding melalui media sosial adalah dengan cara membagikan konten positif yang berisi minat, bakat, hobi, kegiatan berorganisasi, volunteer, aksi sosial, skill, serta konten inspiratif lainnya. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah menggali potensi diri yang dimiliki, selanjutnya dapat dituangkan dalam bentuk foto, video, audiovideo, serta dalam bentuk lainnya. Dengan hal ini, orang lain dapat melihat Personal Branding yang kita miliki. Selain itu, dalam menggunakan media sosial kita harus bijak dan beretika. Hal ini dikarenakan dalam media sosial memiliki jejak digital yang tidak akan hilang sampai kapanpun.

 

 

 

Penulis : Annisa Istika (AS)
Sumber:
Ruth, D., & Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram. Koneksi, 4(2), 207-214.

Rahayu, Rumpi. 2023. “Sederhana dan Bisa Membuat Sukses! 5 Langkah Melakukan Personal Branding”, trenasia.com

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image