You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO I SOSIAL MEDIA : Instagram @kalurahan_hargorejo I Twitter @pemkalhargorejo I Youtube : Kalurahan Hargorejo

Pentingnya Personal Branding pada Media Sosial untuk Menunjang Karir

Admin Hargorejo 30 Agustus 2023 Dibaca 64 Kali
Pentingnya Personal Branding pada Media Sosial untuk Menunjang Karir

Personal Branding menurut Johnson, 2017 dapat diartikan sebagai suatu proses di mana seseorang menggunakan dirinya atau karirnya sebagai merek (brand) dan memasarkan dirinya kepada orang lain secara sistematis sehingga dapat menarik persepsi publik secara aktif. Saat ini, personal branding sangat penting keberadaannya. Hal ini didukung dengan kemajuan teknologi dan informasi dengan ciri banyaknya bermunculan platform media sosial yang dapat membangun personal branding, seperti TikTok, Instagram, Twitter, Facebook, Linkedln, dan lain-lain.

Platform tersebut dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan diri kita kepada khalayak umum. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan jaman sebelum berkembangnya teknologi dan informasi, pada saat itu personal branding kebanyakan melalui sarana mulut ke mulut atau melalui media cetak seperti koran, brosur, dan sebagainya. 

Personal Branding pada media sosial sangat penting dan dibutuhkan, apalagi untuk seseorang yang usianya masih tergolong muda dan di masa depan ia akan terjun ke dunia kerja. Berdasarkan informasi yang dilansir dari Trenasia.Com, 80% HRD akan melihat dan mempertimbangan media sosial pribadi milik pelamar pekerjaan dalam menerima karyawan dalam perusahaannya. Hal ini dikarenakan dalam akun media sosial seorang HRD dapat melihat karakter dari si pelamar serta apa yang disukainya, HRD juga dapat melihat preferensi konten yang dibagikan oleh si pelamar tersebut. 

Tips yang dapat dilakukan agar dapat membangun Personal Branding melalui media sosial adalah dengan cara membagikan konten positif yang berisi minat, bakat, hobi, kegiatan berorganisasi, volunteer, aksi sosial, skill, serta konten inspiratif lainnya. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah menggali potensi diri yang dimiliki, selanjutnya dapat dituangkan dalam bentuk foto, video, audiovideo, serta dalam bentuk lainnya. Dengan hal ini, orang lain dapat melihat Personal Branding yang kita miliki. Selain itu, dalam menggunakan media sosial kita harus bijak dan beretika. Hal ini dikarenakan dalam media sosial memiliki jejak digital yang tidak akan hilang sampai kapanpun.

 

 

 

Penulis : Annisa Istika (AS)
Sumber:
Ruth, D., & Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram. Koneksi, 4(2), 207-214.

Rahayu, Rumpi. 2023. “Sederhana dan Bisa Membuat Sukses! 5 Langkah Melakukan Personal Branding”, trenasia.com

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2024 Pelaksanaan

Pendapatan
Rp3,421,894,699 Rp3,428,029,699
99.82%
Belanja
Rp3,512,806,699 Rp3,556,005,689
98.79%
Pembiayaan
Rp127,976,678 Rp127,977,366
100%

APBDes 2024 Pendapatan

Hasil Usaha Desa
Rp13,600,000 Rp13,600,000
100%
Hasil Aset Desa
Rp107,710,000 Rp107,710,000
100%
Dana Desa
Rp1,694,238,000 Rp1,700,373,000
99.64%
Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi
Rp171,785,308 Rp171,785,308
100%
Alokasi Dana Desa
Rp1,087,739,991 Rp1,087,739,991
100%
Bantuan Keuangan Provinsi
Rp225,000,000 Rp225,000,000
100%
Penerimaan Dari Hasil Kerjasama Antar Desa
Rp55,621,400 Rp55,621,400
100%
Penerimaan Bantuan Dari Perusahaan Yang Berlokasi Di Desa
Rp60,000,000 Rp60,000,000
100%
Bunga Bank
Rp5,000,000 Rp5,000,000
100%
Lain-lain Pendapatan Desa Yang Sah
Rp1,200,000 Rp1,200,000
100%

APBDes 2024 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa
Rp1,589,974,340 Rp1,629,109,212
97.6%
Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa
Rp1,092,790,000 Rp1,146,097,200
95.35%
Bidang Pembinaan Kemasyarakatan
Rp410,387,159 Rp404,080,277
101.56%
Bidang Pemberdayaan Masyarakat
Rp233,545,800 Rp254,660,700
91.71%
Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa
Rp186,109,400 Rp122,058,300
152.48%