You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Membangun Relasi untuk Organisasi

Admin Hargorejo 30 Agustus 2023 Dibaca 88 Kali
Membangun Relasi untuk Organisasi

Keberlangsungan organisasi yang berkelanjutan menandakan bahwa sistem yang ada dalam organisasi tersebut telah berjalan dengan baik. Akan tetapi, organisasi yang ada namun tidak secara aktif berjalan juga sangat mempengaruhi keberlangsungan organisasi itu sendiri. Layaknya hidup tanpa jiwa, suatu organisasi akan kehilangan arah dan tujuan untuk terus berjalan tanpa pengembangan sistem yang berarti.

Maka dari itu, salah satu cara untuk terus mengembangkan organisasi adalah dengan membangun relasi kerja (networking). Bagi organisasi, relasi merupakan pihak yang memiliki peran cukup besar untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan maupun sistem yang ada dalam organisasi.

Relasi kerja dapat membantu organisasi dari berbagai sisi, seperti dukungan material, aksesibilitas, hingga sistem kerja sama. Relasi tidak terbatas pada internal organisasi (antar-anggota) saja, melainkan juga antar-lembaga di lintas sektor yang dapat membantu pengembangan organisasi. Sebagaimana yang dilakukan Karang Taruna Anjir bersama berbagai pihak, seperti Perpustakaan Swa Pustaka Hargorejo hingga yang terbaru bersama Mitra Wacana.

Banyak manfaat yang akan diperoleh dari relasi yang terbangun sebagaimana penjelasan berikut.

1. Memunculkan Peluang Baru
Dengan membangun relasi, akan timbul berbagai macam peluang untuk dapat dimanfaatkan, baik oleh individu, organisasi, maupun untuk seluruh pihak yang membangun relasi.

2. Dapat Menjalin Kerja Sama / Kolaborasi
Membangun relasi dapat meningkatkan kesempatan bagi pihak-pihak terkait untuk berkolaborasi atau menjalin kerja sama dengan baik. Hal tersebut berpengaruh pada kelancaran pelaksanaan kegiatan maupun tujuan bersama.

3. Saling Menguatkan
Relasi yang terjalin dapat menguatkan pihak-pihak yang terkait, di mana hubungan relasi yang baik akan menjadi pondasi untuk memecahkan permasalahan yang timbul selama proses tersebut berjalan. Selain itu, dapat menjadi pemantik semangat apabila salah satu pihak mengalami penurunan minat atau sedang mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah.

4. Menggapai Tujuan
Setiap organisasi memiliki tujuan dan tak jarang tujuan yang ditetapkan berbeda-beda. Dengan membangun relasi, tidak menutup kemungkinan untuk kemudahan mencapai target atau tujuan. Hal tersebut dikarenakan pihak relasi dapat membantu mengisi kekosongan yang dinilai menjadi faktor penghambat pencapaian tujuan organisasi. Dengan relasi yang terbangun, maka seluruh pihak diuntungkan dengan memudahkan pencapaian target.

5. Inovasi dan Gagasan
Menjalin relasi dapat memungkinkan pihak-pihak terkait bertukar ide dan pendapat. Hal tersebut berpengaruh pada timbulnya inovasi serta mampu meningkatkan wawasan dan kompetensi yang baik bagi organisasi.

Dari kelima manfaat tersebut, maka membangun relasi seluas mungkin sangat berpengaruh positif bagi peningkatan kapasitas organisasi. Bagi anggota yang merasa tidak mungkin untuk mengembangkan  hal di luar kemampuan, dengan menjalin relasi dapat terbantu untuk meningkatkan kesempatan berkembang.

 

 

 

Penulis : Annisa Istika

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image