You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Kekerasan Seksual : Tanggung Jawab Siapa ?

Admin Hargorejo 22 Mei 2023 Dibaca 134 Kali
Kekerasan Seksual : Tanggung Jawab Siapa ?

Kekerasan seksual pada anak adalah salah satu masalah yang serius dan memprihatinkan di seluruh dunia. Menurut laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), satu dari tiga anak perempuan dan satu dari enam anak laki-laki di seluruh dunia akan mengalami kekerasan seksual sepanjang hidup mereka. Dilansir dari laman dataidonesia.id,  Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) sepanjang tahun 2022 mencatat sebanyak 21.241 anak menjadi korban kekerasan. Kekerasan seksual pada anak dapat menyebabkan kerusakan fisik dan emosional yang serius, dan dapat berdampak pada kesehatan mental dan fisik mereka di masa depan. Oleh karena itu, pencegahan kekerasan seksual pada anak menjadi sangat penting.

Pertama-tama, penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan kekerasan seksual pada anak. Kekerasan seksual pada anak termasuk segala bentuk tindakan seksual yang dilakukan terhadap anak di bawah umur, termasuk penyerangan, pemaksaan seksual, pelecehan seksual, dan eksploitasi seksual. Tindakan kekerasan seksual ini dapat dilakukan oleh orang dewasa maupun oleh anak-anak yang lebih tua.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah kekerasan seksual pada anak adalah dengan memberikan pendidikan seksual yang tepat dan memadai. Pendidikan seksual harus dimulai sedini mungkin, dan harus diajarkan dengan cara yang menyenangkan dan informatif. Orang tua, guru, dan para profesional kesehatan harus bekerja sama untuk memberikan informasi yang tepat dan akurat tentang seksualitas dan kekerasan seksual. Dengan memberikan pendidikan seksual yang tepat, anak-anak dapat belajar cara mengidentifikasi perilaku yang tidak pantas dan bagaimana melindungi diri mereka sendiri dari kekerasan seksual.

Selain itu, orang tua juga perlu mengajarkan anak-anak mereka tentang batasan yang seharusnya ada dalam hubungan antara orang dewasa dan anak-anak. Orang tua harus mengajarkan anak-anak tentang bagaimana menolak tindakan yang tidak pantas dan harus membuka jalur komunikasi yang terbuka agar anak-anak merasa nyaman untuk berbicara tentang segala hal yang terjadi pada mereka.

Pendidikan dan pengawasan juga sangat penting dalam mencegah kekerasan seksual pada anak. Orang tua dan pengasuh harus selalu memperhatikan anak-anak mereka dan waspada terhadap tindakan yang tidak pantas dari orang dewasa maupun anak-anak yang lebih tua. Orang tua harus memastikan bahwa anak-anak mereka tidak ditinggal sendirian dengan orang dewasa yang tidak dikenal dan harus mengajarkan anak-anak mereka tentang bahaya yang terkait dengan internet dan media sosial.

Terakhir, penting untuk menciptakan lingkungan yang aman dan ramah anak untuk mencegah kekerasan seksual pada anak. Sekolah dan institusi lainnya harus memiliki kebijakan dan prosedur yang jelas untuk mengatasi tindakan kekerasan seksual pada anak. Orang dewasa yang bekerja dengan anak-anak harus diberikan pelatihan tentang bagaimana mencegah dan mengatasi kekerasan seksual pada anak.

Kesimpulannya, kekerasan seksual pada anak merupakan masalah yang serius dan harus ditangani dengan serius pula. Pendidikan seksual yang tepat, pengawasan yang ketat, dan menciptakan lingkungan yang aman dan ramah anak adalah beberapa cara untuk mencegah kekerasan seksual pada anak. Semua orang dewasa harus bekerja sama untuk melindungi anak-anak dari bahaya yang dapat berdampak serius pada kesehatan mental dan fisik mereka. (Rully)

 

 

Sumber : dataindonesia

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image