You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Manfaat Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dalam Masyarakat

Admin Hargorejo 13 April 2023 Dibaca 385 Kali
Manfaat Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dalam Masyarakat

Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah, pemerintah melalui Kementerian Sosial berfokus pada pemberdayaan keluarga kurang mampu dengan mendirikan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).
KUBE umumnya terdiri atas 5 hingga 20 kepala keluarga pada tingkat ekonomi menengah ke bawah. KUBE didampingi oleh pendamping sosial tingkat Kabupaten/Kota/Provinsi dalam menjalani prosedur dari pembentukan hingga mendapatkan bantuan dana pemerintah. Bantuan dana tersebut digunakan sebagai modal awal usaha maupun pengembangan usaha yang dijalankan oleh kelompok.
Lalu, apa saja manfaat yang diperoleh dari terbentuknya KUBE dalam masyarakat?

1. Kesempatan Berusaha
Melalui KUBE, keluarga dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah berkesempatan memiliki usaha serta memperoleh pendapatan untuk mencukupi kebutuhan hidup.

2. Kemandirian Ekonomi
Dari usaha yang telah dijalankan, maka diharapkan anggota KUBE mampu untuk mandiri secara finansial, sehingga bantuan KUBE dapat dialihkan kepada masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah yang lainnya.

3. Ekonomi dengan Semangat Kebersamaan
Tidak hanya berfokus pada peningkatan pendapatan, malainkan juga peningkatan taraf kehidupan warga binaan, dengan indikator keberhasilan: tumbuh harga diri dan percaya diri, peningkatan kesejahteraan keluarga, pengembangan usaha, dan tumbuh atau meningkatnya kesetiakawanan sosial di antara para anggota KUBE serta masyarakat sekitar.

4. Menghapus Kemiskinan dengan Pemberdayaan
Strategi yang dilakukan, di antaranya :
- Pengakuan potensi, kepercayaan, peluang
- Mendorong kemandirian untuk memecahkan masalah
- Kemitraan
- Adanya kepedulian, keselarasan, kemanfaatan dan timbal balik antara pihak yang bermitra, baik antaranggota KUBE maupun dengan masyarakat sekitarnya
- Partisipasi, adanya prakarsa dan peranan anggota KUBE dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan sosialnya, serta adanya keterlibatan warga sekitar dalam mendukung pengembangan KUBE.

Dari beberapa manfaat yang dapat diperoleh, maka diharapkan KUBE menjadi salah satu alternatif untuk pemulihan dan peningkatan perekonomian masyarakat, terutama masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. (Annisa Istika)

 

Sumber : Kompasiana.com - KUBE sebagai Alternatif Pemulihan Ekonomi Masyarakat Miskin

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image