You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Jama’ah Seboran Adakan Ziarah Kubur Bersama Gus Tajab dan Santri di Makam Geseng

Admin Hargorejo 20 Maret 2023 Dibaca 149 Kali
Jama’ah Seboran Adakan Ziarah Kubur Bersama Gus Tajab dan Santri di Makam Geseng

Mendekati bulan Ramadhan, banyak warga Hargorejo yang mengisi acara penutupan tahlil Ruwahan dengan kegiatan mujahadah, ziarah bersama dan shalawatan. Begitu juga bagi para jama’ah Seboran yang mengadakan acara penutupan tahlil dengan ziarah kubur bersama Gus Tajab yang berasal dari Kalurahan Bojong, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulon Progo.

Pada malam Minggu Wage (18/03/2023) bakda Isya’, warga berbondong-bondong menuju Makam Geseng, Padukuhan Gunung Kukusan, Kalurahan Hargorejo untuk mengikuti ziarah kubur. Dipimpin oleh Gus Tajab, santri yang hadir dalam acara ziarah kubur berjumlah kurang lebih 300 orang, sedangkan jama’ah Seboran dan jamaah lainnya berjumlah kurang lebih 250 orang.

Seusai ziarah kubur dan mendoakan arwah para leluhur, warga diiringi santri dan Gus Tajab bersama-sama melakukan kegiatan makan bersama di jalan dekat Makam Geseng. Kegiatan makan bersama ini dilakukan sembari memupuk tali silaturrahmi antar warga dan santri Bojong. 

Menurut salah satu warga yang mengikuti ziarah, Marita Tri Wulandari, acara ziarah kubur bersama seperti ini perlu untuk dilestarikan. “Bagi saya, dengan mengikuti ziarah kubur ini saya berharap agar selalu ingat dengan kematian, sehingga kita bisa meningkatkan keimanan dan ke-Islaman kita sebagai umat muslim. Nggih kalih ngalap berkahipun Pak Kiyai (ya sambil mengharap berkahnya Pak Kyai)” tuturnya.

 

 

Penulis : Ajru F.

Sumber : Marita Tri W.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image