You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Cerdas,Ternyata Limbah Kulit Bawang Bisa Jadi Pestisida Alami

Admin Hargorejo 13 Februari 2023 Dibaca 4.366 Kali
Cerdas,Ternyata Limbah Kulit Bawang Bisa Jadi Pestisida Alami

Setiap kali memasak pasti saja ada limbah yang dihasilkan dari sisa-sisa sayuran maupun rempah-rempah yang digunakan untuk memasak. Memasak tanpa menggunakan bawang merah atau bawang putih tentunya akan mengurangi rasa lezat dimasakan. Penggunaan bawang merah tentunya wajib digunakan setiap kali kita meracik bumbu. Kulit bawang merah selalu dianggap sampah tidak berguna yang akan dibuang begitu saja.

Pernahkah kita sadari bahwa kulit bawang merah ternyata memiliki banyak manfaat dan bisa kita olah menjadi barang yang lebih bermanfaat. Bawang merah mengandung senyawa acetogenin. Pada konsentrasi tinggi, senyawa tersebut memiliki keistimewaan sebagai anti-feeden. Maka akan mengakibatkan serangga atau hama enggan memakan tanaman, bahkan bisa menyebabkan kematian. Selain berpotensi membunuh hama ulat, atau jamur. Kulit bawang merah juga memiliki manfaat lain, yaitu zat dan senyawa yang ada pada kulit bawang merah dapat memberikan kesuburan bagi tanaman sehingga mempercepat proses tumbuhnya  buah dan bunga pada tumbuhan.

Dengan segudang manfaat tersebut kita bisa memanfaatkan kulit bawang merah untuk membuat tanaman kita menjadi lebih subur.  Kulit bawang merah bermanfaat sebagai mulsa organic yang akan membantu menjaga kelembapan tanah dan menghambat pertumbuhan gulma di sekitar tanaman kita, selain itu juga kulit bawang merah bisa digunakan untuk pembutan kompos, pupuk cair hingga pestisida alami. Pembuatan pestisida alami kulit bawang sangatlah mudah dan tidak membutuhkan banyak peralatan dan dapat dipraktikkan dirumah oleh siapa pun.

Berikut cara membuat pestisida dan zat perangsang tumbuh dari kulit bawang :

  • Siapkan bawang merah yang akan di kupas
  • Air secukupnya
  • Botol Plastik atau kaca
  • Saringan
  • Botol spray

Langkah pembuatan

  • Kupas bawang merah, lalu ambil kulit bawangnya
  • Masukan ke dalam botol plastik atau kaca hingga 1/4 botol atau 1/2 botol
  • Tambahkan air putih ke dalam botol hingga hampir penuh, kocok sebentar
  • Biarkan rendaman hingga 2 hari
  • Ambil rendaman air kulit bawang, lalu saring hingga airnya saja yang kita ambil
  • Pindahkan air saringan kulit bawang ke dalam botol spray
  • Pestisida siap digunakan

Pestisida yang ada dalam botol spray, dengan menyemprotkannya pada daun atau batang yang terkena hama.

Semprotkan secara merata semua permukaan daun atau batang yang terkena hama, kutu kebul atau jamur. Jangan lupa bagian bawah daun biaanya juga terdapat hama.

Gunakan pestisida bawang ini tergantung tingkat keparahan hama, bisa seminggu 1 kali, seminggu 2 kali bahkan seminggu 3 kali. Perhatikan perkembangan kesehatan tanaman selalu.

Sebagai zat perangsang tumbuh atau ZPT anda bisa menyiram air dari rendaman kulit bawang ke media tanam yang akan anda siram. Kulit bawang pun tidak perlu dibuang, bisa diberikan pada media tanam.

 

Sumber :

http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/95995/Manfaat-Kulit-Bawang-Merah-Sebagai-Pupuk-Dan-Pestisida-Alami-Bagi-Tanaman/

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220818161745-282-836144/5-manfaat-kulit-bawang-merah-untuk-tanaman

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/19/081900876/mudah-cara-membuat-pestisida-alami-dari-kulit-bawang-merah?page=all

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image