You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Sinergitas Antar-Lembaga dan Organisasi di Kalurahan Hargorejo dalam Mengembangkan Sistem Informasi

Admin Hargorejo 27 November 2023 Dibaca 78 Kali
Sinergitas Antar-Lembaga dan Organisasi di Kalurahan Hargorejo dalam Mengembangkan Sistem Informasi

Hargorejo (25/11/2023). Dalam rangka meningkatkan pengembangan Sistem Informasi Desa (SID), Kalurahan Hargorejo melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pengembangan SID. Berlokasi di Aula Kalurahan Hargorejo, kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pengembangan SID dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan lebih kurang pukul 12.15 WIB.

Dalam kegiatan ini, dilaksanakan pula Rapat Koordinasi Pengembangan SID yang melibatkan beberapa organisasi dan lembaga di Kalurahan Hargorejo, yaitu TPK SID, KIM Cetho, dan Graha Media.
Ketiga organisasi dan lembaga tersebut sama-sama berfokus pada pengembangan teknologi media untuk mendukung penyebaran informasi di masyarakat, khususnya dalam lingkup Kalurahan Hargorejo. Didampingi oleh Mitra Wacana, acara diisi dengan sesi diskusi dan berbagi pengalaman. Sebelumnya, Pemerintah Kalurahan Hargorejo menyampaikan sambutan yang diwakili oleh Carik Kalurahan Hargorejo, Siti Nura’eni.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan beberapa hal, yaitu dalam rangka pengembangan SID di Kalurahan Hargorejo memerlukan kolaborasi antara Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) CETHO, Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Pengembangan SID, dan Tim Media Hargorejo Graha Media.

Diharapkan dengan adanya sinergitas yang terbangun, kontribusi terhadap pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) Kalurahan Hargorejo dapat ditingkatkan. Kontribusi yang dimaksud tidak terbatas pada tulisan, baik berita maupun artikel saja, melainkan juga dalam bentuk video pendek, serta tabloid dan buletin.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan berbagi pengalaman yang dipandu oleh Ruliyanto dan Muhammad Mansur dari Mitra Wacana sebagai pendamping media di Kalurahan Hargorejo. Dalam sesi diskusi tersebut, banyak dibahas mengenai hal-hal yang diharapkan dari penyediaan informasi Kalurahan Hargorejo, tantangan yang dihadapi oleh organisasi dan lembaga media di Hargorejo, strategi upaya agar organisasi dikenal masyarakat, serta efektivitas keberlangsungan organisasi KIM CETHO Hargorejo, berikut permasalahan dan rencana tindak lanjut yang dapat dilakukan.

Dalam sesi berikutnya, beberapa anggota peserta rapat pun memberikan usulan, di antaranya rencana Masyarakat Hargorejo Tanggap Digital, kontribusi pemuda dalam pengelolaan informasi dari penggalian hingga penyebaran, serta ketersediaan informasi di Hargorejo yang mendukung pemenuhan kebutuhan masyarakat. Pemerintah Kalurahan Hargorejo juga membuka lebar akses untuk organisasi yang ada di Kalurahan Hargorejo dalam berkomunikasi terkait kebutuhan anggaran, perencanaan, dan pengelolaan organisasi. (Annisa Istika)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image