You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Olahraga dan Kesehatan Mental

Admin Hargorejo 15 September 2022 Dibaca 203 Kali
Olahraga dan Kesehatan Mental

Bagi sebagian orang, melakukan aktivitas olahraga bertujuan untuk memperoleh kondisi fisik yang prima. Perlu diketahui pula bahwa olahraga juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Apa saja itu? Simak penjelasan berikut.

1. Olahraga mampu mengurangi stres
Peningkatan detak jantung saat berolahraga merangsang produksi hormon saraf (norepinefrin) dan menurunkan kadar hormon stres (kortisol). Sistem saraf pusat dan saraf simpatik tubuh dapat saling terhubung sehingga secara keseluruhan dapat meningkatkan kemampuan mengatasi stres serta mecegah kerusakan otak akibat stres.

2. Mengatasi depresi dan kecemasan
Aktivitas fisik mampu merangsang otak dan sumsum tulang belakang meningkatkan produksi kadar hormon bahagia (endorfin). Dengan berolahraga rutin, maka dapat mengatasi depresi dan kecemasan selain dengan penggunaan obat.

3. Meningkatkan kepercayaan diri
Seseorang yang rutin berolahraga akan terbantu dalam menstabilkan berat badan serta mengencangkan otot tubuh. Penampilan akan terasa lebih baik sehingga rasa percaya diri mampu meningkat.

4. Mempertajam daya ingat
Dengan berolahraga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baru pada otak. Selain itu, hormon endorfin yang dihasilkan dapat membantu meningkatkan konsentrasi serta mempertajam pikiran dan daya ingat.

5. Memperlambat terjadinya penurunan kognitif dan demensia
Risiko penurunan fungsi otak dapat meningkatkan terjadinya demensia (pikun) pada usia lanjut. Rutin melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga dapat membantu aliran darah di tubuh menjadi lebih cepat disalurkan oleh jantung ke otak. Dengan demikian, sirkulasi darah di otak akan berjalan lancar dan cukup. Sehingga, dapat membantu menjaga fungsi organ otak dan menghindari risiko penyakit, salah satunya demensia.

Setelah mengetahui berbagai manfaat olahraga untuk kesehatan mental, dapat menjadi rekomendasi bagi pembaca agar berolahraga secara rutin. Tidak hanya untuk menjaga kondisi fisik yang prima, namun juga dapat menjaga mental agar senantiasa sehat dan kuat.

 

Penulis : Annisa Istika

Sumber : Kementerian Pemuda dan Olahraga RI

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image