PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Artikel

Olahraga dan Kesehatan Mental

15 September 2022 15:14:15  Admin Hargorejo  18 Kali Dibaca  Berita Lokal

Bagi sebagian orang, melakukan aktivitas olahraga bertujuan untuk memperoleh kondisi fisik yang prima. Perlu diketahui pula bahwa olahraga juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Apa saja itu? Simak penjelasan berikut.

1. Olahraga mampu mengurangi stres
Peningkatan detak jantung saat berolahraga merangsang produksi hormon saraf (norepinefrin) dan menurunkan kadar hormon stres (kortisol). Sistem saraf pusat dan saraf simpatik tubuh dapat saling terhubung sehingga secara keseluruhan dapat meningkatkan kemampuan mengatasi stres serta mecegah kerusakan otak akibat stres.

2. Mengatasi depresi dan kecemasan
Aktivitas fisik mampu merangsang otak dan sumsum tulang belakang meningkatkan produksi kadar hormon bahagia (endorfin). Dengan berolahraga rutin, maka dapat mengatasi depresi dan kecemasan selain dengan penggunaan obat.

3. Meningkatkan kepercayaan diri
Seseorang yang rutin berolahraga akan terbantu dalam menstabilkan berat badan serta mengencangkan otot tubuh. Penampilan akan terasa lebih baik sehingga rasa percaya diri mampu meningkat.

4. Mempertajam daya ingat
Dengan berolahraga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baru pada otak. Selain itu, hormon endorfin yang dihasilkan dapat membantu meningkatkan konsentrasi serta mempertajam pikiran dan daya ingat.

5. Memperlambat terjadinya penurunan kognitif dan demensia
Risiko penurunan fungsi otak dapat meningkatkan terjadinya demensia (pikun) pada usia lanjut. Rutin melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga dapat membantu aliran darah di tubuh menjadi lebih cepat disalurkan oleh jantung ke otak. Dengan demikian, sirkulasi darah di otak akan berjalan lancar dan cukup. Sehingga, dapat membantu menjaga fungsi organ otak dan menghindari risiko penyakit, salah satunya demensia.

Setelah mengetahui berbagai manfaat olahraga untuk kesehatan mental, dapat menjadi rekomendasi bagi pembaca agar berolahraga secara rutin. Tidak hanya untuk menjaga kondisi fisik yang prima, namun juga dapat menjaga mental agar senantiasa sehat dan kuat.

 

Penulis : Annisa Istika

Sumber : Kementerian Pemuda dan Olahraga RI

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Komentar Terbaru

Wilayah Kalurahan

Peta Desa

DATA BANTUAN DITERIMA WARGA HARGOREJO TAHUN 2020-2022

Aparatur Kalurahan

Data Kelompok Penerima Manfaat BLT Dana Desa Tahun 2022

DATA UMKM HARGOREJO TAHUN 2022

DTKS Hargorejo Tahun 2022

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : KRIYAN, HARGOREJO, KOKAP, KULON PROGO
Kalurahan : HARGOREJO
Kapanewon : KOKAP
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55653
Telepon : 02747721380
Email : pemdes13hargorejo@gmail.com

Statistik SID

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.047
    Kemarin:3.405
    Total Pengunjung:551.295
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.223.3.251
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel