You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Pekan Menyusui Sedunia 2022

Admin Hargorejo 04 Agustus 2022 Dibaca 173 Kali
Pekan Menyusui Sedunia 2022

Sejak dimulai pada tanggal 1 lalu hingga 7 Agustus 2022 mendatang, diperingati sebagai Pekan Menyusui Sedunia. Gerakan tersebut bertujuan mendukung para ibu untuk peduli terhadap pemberian ASI sejak dini, secara eksklusif, dan berkesinambungan. Berbicara mengenai ASI eksklusif, ASI yang diberikan pada bayi sejak lahir hingga usia 6 bulan pertama merupakan faktor penting bagi kelangsungan hidup seorang anak. Menjadi sangat penting karena ASI menjadi nutrisi terbaik bagi bayi yang baru lahir dan mengandung berbagai manfaat. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasan berikut.

1. Menyediakan antibodi
ASI mengandung antibodi dari Ibu untuk membantu melindungi anak dari penyakit, baik yang rentan dialami maupun berisiko fatal. Antibodi yang terkadung dalam ASI tidak dimiliki oleh pengganti ASI lainnya. Jika ada, kandungannya pun tidak sebaik ASI.

2. Mempengaruhi Kecerdasan Anak
Banyak penelitian mengatakan bahwa anak-anak yang menerima ASI memiliki hasil tes kecerdasan yang lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan ASI memiliki kadar lemak yang tepat untuk perkembangan otak bayi.

3. ASI Lebih Mudah Dicerna
Pencernaan bayi yang masih sensitif dan belum secara sempurna, sehingga tidak dapat menerima berbagai jenis makanan dan minuman. ASI membantu menyempurnakan pencernaan dan mencegah infeksi usus pada bayi.

4. Bayi Cukup Kolesterol dengan ASI
Kolesterol mungkin dianggap sebagai hal yang tidak baik, terutama untuk usia dewasa. Namun, kolesterol memiliki manfaat untuk tumbuh kembang bayi, dan kandungan kolesterol yang sesuai kebutuhan bayi sudah tersedia pada ASI, tidak kurang maupun berlebih.

5. ASI Menjadi Bekal Masa Depan Anak
ASI, terutama ASI eksklusif tidak hanya bermanfaat bagi bayi dan balita, namun juga bermanfaat untuk jangka panjang. Penerima ASI eksklusif memiliki kemungkinan lebih rendah mengalami obesitas, begitu pula kerentanan terhadap suatu penyakit, seperti diabetes, leukemia, asma, dan kolesterol tinggi.

Setelah mengetahui begitu pentingnya peran ASI Eksklusif terhadap tumbuh kembang bayi, diharapkan mampu untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam mendukung penerapan ASI eksklusif untuk generasi masa depan yang sehat dan produktif.  (Annisa Istika)

Referensi : WHO, youngmomsid

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image