PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Artikel

Pekan Menyusui Sedunia 2022

04 Agustus 2022 15:43:52  Admin Hargorejo  10 Kali Dibaca  Berita Lokal

Sejak dimulai pada tanggal 1 lalu hingga 7 Agustus 2022 mendatang, diperingati sebagai Pekan Menyusui Sedunia. Gerakan tersebut bertujuan mendukung para ibu untuk peduli terhadap pemberian ASI sejak dini, secara eksklusif, dan berkesinambungan. Berbicara mengenai ASI eksklusif, ASI yang diberikan pada bayi sejak lahir hingga usia 6 bulan pertama merupakan faktor penting bagi kelangsungan hidup seorang anak. Menjadi sangat penting karena ASI menjadi nutrisi terbaik bagi bayi yang baru lahir dan mengandung berbagai manfaat. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasan berikut.

1. Menyediakan antibodi
ASI mengandung antibodi dari Ibu untuk membantu melindungi anak dari penyakit, baik yang rentan dialami maupun berisiko fatal. Antibodi yang terkadung dalam ASI tidak dimiliki oleh pengganti ASI lainnya. Jika ada, kandungannya pun tidak sebaik ASI.

2. Mempengaruhi Kecerdasan Anak
Banyak penelitian mengatakan bahwa anak-anak yang menerima ASI memiliki hasil tes kecerdasan yang lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan ASI memiliki kadar lemak yang tepat untuk perkembangan otak bayi.

3. ASI Lebih Mudah Dicerna
Pencernaan bayi yang masih sensitif dan belum secara sempurna, sehingga tidak dapat menerima berbagai jenis makanan dan minuman. ASI membantu menyempurnakan pencernaan dan mencegah infeksi usus pada bayi.

4. Bayi Cukup Kolesterol dengan ASI
Kolesterol mungkin dianggap sebagai hal yang tidak baik, terutama untuk usia dewasa. Namun, kolesterol memiliki manfaat untuk tumbuh kembang bayi, dan kandungan kolesterol yang sesuai kebutuhan bayi sudah tersedia pada ASI, tidak kurang maupun berlebih.

5. ASI Menjadi Bekal Masa Depan Anak
ASI, terutama ASI eksklusif tidak hanya bermanfaat bagi bayi dan balita, namun juga bermanfaat untuk jangka panjang. Penerima ASI eksklusif memiliki kemungkinan lebih rendah mengalami obesitas, begitu pula kerentanan terhadap suatu penyakit, seperti diabetes, leukemia, asma, dan kolesterol tinggi.

Setelah mengetahui begitu pentingnya peran ASI Eksklusif terhadap tumbuh kembang bayi, diharapkan mampu untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam mendukung penerapan ASI eksklusif untuk generasi masa depan yang sehat dan produktif.  (Annisa Istika)

Referensi : WHO, youngmomsid

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Komentar Terbaru

Wilayah Kalurahan

Peta Desa

DATA BANTUAN DITERIMA WARGA HARGOREJO TAHUN 2020-2022

Data Kelompok Penerima Manfaat BLT Dana Desa Tahun 2022

DATA UMKM HARGOREJO TAHUN 2022

DTKS Hargorejo Tahun 2022

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : KRIYAN, HARGOREJO, KOKAP, KULON PROGO
Kalurahan : HARGOREJO
Kapanewon : KOKAP
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55653
Telepon : 02747721380
Email : pemdes13hargorejo@gmail.com

Statistik SID

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:408
    Kemarin:2.759
    Total Pengunjung:398.002
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.204.167
    Browser:Tidak ditemukan