You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

KWT ASRI: Budidaya Tanaman Organik

Admin Hargorejo 24 Juli 2022 Dibaca 198 Kali
KWT ASRI: Budidaya Tanaman Organik

Kegiatan kelompok wanita tani di padukuhan Anjir kalurahan Hargorejo sebut saja KWT ASRI. Kelompok ini membudidayakan tanaman lokal diantaranya kacang-kacangan maupun tanaman sayuran seperti sawi, lombok, terong dan sebagainya. Sedangkan untuk sistem tanamannya menggunakan media tanah dan polibag dengan sistim organik.

Tanaman organik sangatlah bagus dikonsumsi dalam kehidupan sehari hari, tutur ibu Sarijem ketua KWT ASRI.

Keberadaan kelompok wanita tani merupakan hal yang patut dikembangkan karena peran pentingnya di kehidupan masyarakat dalam bertani dan sekaligus mengenalkan produksi sendiri yang mampu diolah maupun dimanfaatkan sehingga dapat mengurangi anggaran belanja sayuran dengan pengoptimalan lahan pekarangan.

Kreatifitas dan hasil dari KWT mampu menembus pasaran luar wilayah serta mampu memasok kebutuhan local di pasar bahkan mampu memasok kebutuhan sayuran seperti untuk kebutuhan kelompok keluarga harapan atau PKH yang ada di wilayah Hargorejo.

KWT ASRI membuat produk unggulan juga berupa ceriping pisang ,kripyik bayam brazil dan ckripyik dari berbagai sayuran. Untuk pertemuan KWT ASRI dilaksanakan setiap bulan pada tanggal 23 dan untuk kegiatan setiap hari selasa dengan beranggotakan sekitar 25 peserta.

Penulis : Agus Supriyanto

Editor : Nura’eni

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image