PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Artikel

Yuk Berkunjung Ke Perpustakaan Swa Pustaka Hargorejo

27 Juni 2022 11:11:57  Admin Hargorejo  33 Kali Dibaca  Berita Desa

Hiruk pikuk nampak terdengar dari segerombolan anak-anak yang sedang bermain di halaman Balai Kalurahan Hargorejo. Tak lama kemudian seorang petugas keluar dari sebuah gedung yang terletak di depan pintu masuk balai kalurahan. Dari luar, gedung tersebut nampak asri dengan berbagai macam tanaman hias di depannya. Sang petugas kemudian mengajak anak-anak tersebut untuk datang berkunjung kedalam gedung yang ternyata adalah sebuah perpustakaan. Nama perpustakaan itu adalah Perpustakaan “Swa Pustaka” KalurahanHargorejo.

Suasana yang bersih dan udara yang sejuk langsung meruap ketika pintu perpustakaan dibuka. Di sudut atas kanan dan kiri ruang lantai satu terdapat AC yang membuat ruangan menjadi dingin. Pencahayaan ruangan itu juga cukup terang karena selain cahaya alami yang masuk dari jendela-jendela juga terdapat lampu di setiap sudutnya. Beberapa tanaman hias di dalam ruangan juga menambah asri suasana. Rak-rak buku nampak tertata rapi dengan ribuan koleksi buku baik fiksi maupun non-fiksi. Selain rak buku umum, di lantai satu perpustakaan juga terdapat area anak yang menyajikan beragam buku anak dan mainan. Jadi selain membaca, anak-anak juga bisa bermain dengan riang gembira di perpustakaan. Bagi kaum difabel, perpustakaan juga menyediakan buku-buku braille yang terletak di samping meja kerja pengelola.

Kontras dengan lantai satu yang penuh dengan buku-buku, lantai dua perpustakaan justru terlihat lebih lapang. Pasalnya, lantai dua memang diperuntukkan sebagai ruang pertemuan atau aula mini. Di sana juga terdapat ruang komputer yang dilengkapi dengan WiFi gratis serta proyektor yang bisa digunakan baik untuk presentasi maupun nonton film bareng. Di sudut ruangan berdampingan dengan lemari arsip juga terdapat foto-foto yang menampilkan produk UMKM Hargorejo serta foto sejarah tambang mangaan yang terdapat di Padukuhan Kliripan.

Selain menyediakan layanan WiFi gratis dan buku-buku, Perpustakaan Swa Pustaka Hargorejo juga mengadakan berbagai kegiatan yang diperuntukkan bagi masyarakat. Diantaranya : pelatihan komputer bagi remaja dan ibu-ibu, forum diskusi remaja "Laskar Kuat", pelatihan membuat puisi, pendataan dan promosi UMKM, lomba mewarnai dan masih banyak lainnya. Jadi, kiprah perpustakaan tidak terbatas pada bidang pendidikan namun juga membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berbicara tentang perpustakaan, tahukah kalian apa fungsi dari perpustakaan? Perpustakaan adalah tempat untuk menyediakan berbagai macam informasi dan sarana pendidikan. Selain itu, perpustakaan juga berfungsi sebagai sarana rekreasi, oleh karena itu desain perpustakaan dibuat senyaman mungkin. Di sana, para pengunjung bisa memanfaatkan segala fasilitas yang ada di perpustakaan secara gratis, mulai dari buku-buku, Wi-Fi, komputer serta berbagai macam fasilitas lainnya. Bahkan sekarang, perpustakaan juga sebagai wadah untuk berkegiatan.

Bagi kalian yang ingin tahu lebih lanjut tentang perpustakaan bisa langsung berkunjung ke Perpustakaan Swa Pustaka Hargorejo. Di sana kalian bisa internetan, mengerjakan tugas, membaca buku atau melakukan kegiatan lainnya. Tentunya kalian juga harus menjaga tata tertib saat berkunjung, ya! Salam Literasi! (Afa/Yuli S)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Komentar Terbaru

Wilayah Kalurahan

Peta Desa

DATA BANTUAN DITERIMA WARGA HARGOREJO TAHUN 2020-2022

Data Kelompok Penerima Manfaat BLT Dana Desa Tahun 2022

DATA UMKM HARGOREJO TAHUN 2022

DTKS Hargorejo Tahun 2022

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : KRIYAN, HARGOREJO, KOKAP, KULON PROGO
Kalurahan : HARGOREJO
Kapanewon : KOKAP
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55653
Telepon : 02747721380
Email : pemdes13hargorejo@gmail.com

Statistik SID

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:502
    Kemarin:2.759
    Total Pengunjung:398.096
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.204.167
    Browser:Tidak ditemukan