You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Nyadran di Ngroto Kliripan

Admin Hargorejo 30 Maret 2022 Dibaca 251 Kali
Nyadran di Ngroto Kliripan

Nyadran adalah serangkaian upacara yang dilakukan oleh masyarakat Jawa, yakni tradisi pembersihan makam leluhur oleh ahli waris dan anggota keluarga yang masih hidup. Nyadran berasal dari bahasa Sansekerta, sraddha yang artinya keyakinan. Tradisi ini diadakan dibulan Ruwah menurut kalender jawa atau Sya’ban dalam penanggalan Hijriah.

Selasa, (29/03/2022) masyarakat Padukuhan Kliripan juga mengadakan kegiatan Nyadran, di makam Ngroto yang terletak di Rt 067 Rw 20 Kliripan. Acara tersebut dihadiri Dukuh Kliripan Setiya Hariyanta, tokoh agama dan masyarakat sekitar makam Ngroto.

Acara ini tak sebatas berziarah ke makam leluhur, tetapi juga menjadi sarana silaturohmi, mempererat kebersamaan dengan anggota keluarga maupun antar warga masyarakat sebelum bulan puasa tiba. Tradisi ini juga merupakan sebuah tradisi dari wujud rasa syukur kepada Allah SWT, serta ungkapan rasa sukacita akan tibanya ibadah puasa pada bulan Ramadhan . Dalam nyadran, terkandung pula rasa saling berbagi antar sesama.

Penulis   : Agus S

Sumber  : Setiya H

Editor     : Yuli S    

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image