You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Menjadi Olahraga yang Digemari, Senam Termasuk Aktivitas Fisik yang Kaya Manfaat

Administrator 12 Februari 2022 Dibaca 341 Kali
Menjadi Olahraga yang Digemari, Senam Termasuk Aktivitas Fisik yang Kaya Manfaat

Saat ini senam merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak dilakukan oleh hampir semua kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, dewasa, bahkan usia lanjut.

Sudah sejak sebelum pandemi berlangsung, senam secara rutin telah dilakukan baik di wilayah Kalurahan Hargorejo maupun wilayah lainnya. Perlu diketahui, senam termasuk dalam aktivitas fisik yang memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat yang dimaksud? Penjelasannya adalah sebagai berikut.

Aktivitas fisik merupakan setiap gerakan tubuh yang diakibatkan kerja otot rangka dan meningkatkan pengeluaran tenaga serta energi. Aktivitas fisik dibagi menjadi tiga macam, yaitu aktivitas fisik sehari-hari, aktivitas fisik dengan latihan, dan olahraga. (Direktorat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI)

Senam menjadi salah satu aktivitas fisik dengan latihan, yang disebut dengan latihan aerobik. Latihan aerobik melatih jantung dan paru-paru dengan melambatkan denyut nadi untuk kerja jantung lebih baik, melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah menurun, serta meningkatkan pembakaran lemak dan kalori yang baik. (Direktorat P2PTM Kemenkes RI)

Selain itu, senam juga membantu membuat tubuh lebih sehat dan bugar, melenturkan otot dan sendi, meningkatkan daya tahan tubuh, bahkan dapat membantu mengendalikan stres dan emosi. Manfaat aktivitas fisik termasuk senam akan didapatkan dengan lebih maksimal jika dalam melakukannya dengan prinsip BBTT sebagai berikut. (Direktorat Promkes Kemenkes RI)

BAIK : Sesuai dengan kemampuan

BENAR : Secara bertahap mulai dari pemanasan serta diakhiri dengan pendinginan dan peregangan

TERUKUR : Diukur dari intensitas yaitu 60-80Þnyut Jantung Maksimal dan Waktu minimal 30 menit per harinya.

TERATUR : Sebanyak 3-5 kali dalam seminggu

Sumber bacaan : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Sumber gambar : Aktivitas Senam Warga Padukuhan Anjir

Penulis: Annisa Istika Rahayu

(SN’e)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image