You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Workshop Fotografi Kalurahan Hargorejo : Cerita Dibalik Potret Foto

Admin Hargorejo 22 November 2022 Dibaca 141 Kali
Workshop Fotografi Kalurahan Hargorejo : Cerita Dibalik Potret Foto

Hargorejo. Berbicara mengenai peningkatan potensi lokal Hargorejo, teknik fotografi merupakan salah satu strategi untuk publikasi dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di Kalurahan Hargorejo. Oleh karena itum Graha Media berkolaborasi dengan Perpustakaan Swa Pustaka Hargorejo dan Duta Remaja menyelenggarakan kegiatan Workshop Fotografi. Workshop yang mengangkat tema photovoice untuk mengangkat potensi lokal dilaksanakan pada Minggu (20/11/2022) mulai pukul 14.30 WIB hingga 17.00 WIB. Berlokasi di Aula Kalurahan Hargorejo, Workshop Fotografi dihadiri oleh 30 orang peserta di antaranya anggota Graha Media, Duta Remaja, Rumah Data Kependudukan, Karang Taruna, dan perwakilan tiap padukuhan dengan usia produktif.

Didampingi oleh Mitra Wacana dan Pemerintah Kalurahan Hargorejo, workshop dibuka dengan berdoa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Lurah Hargorejo, Kamituwa, dan Ketua Panitia. Pada sambutan pertama, Lurah Hargorejo, Bapak Bhekti Murdayanto, S.E. menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dari peserta workshop. Beliau juga mendukung kegiatan workshop sebagai salah satu upaya pembinaan, pemberdayaan, dan percepatan pembangunan di Kalurahan Hargorejo. Selain itu, peran pemuda untuk mengangkat potensi lokal yang ada di Kalurahan Hargorejo juga sangat diperlukan, salah satunya dengan penambahan wawasan publikasi melalui fotografi.

Sambutan kedua yang disampaikan oleh Kamituwa Kalurahan Hargorejo, Bapak Sukarma mengungkapkan bahwa akan banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan fotografi, di antaranya karya, benefit, hingga peluang bisnis. Kolaborasi antarorganisasi yang ada di Kalurahan Hargorejo juga perlu untuk dikembangkan sehingga mampu secara bersama-sama mengangkat potensi lokal Hargorejo.
Ketua panitia workshop, Yoga Fajar melaporkan rincian kegiatan workshop fotografi dan mengungkapkan bahwa kegiatan workshop fotografi bertujuan untuk memberikan manfaat berupa karya dan benefit bagi masyarakat, terutama pemuda untuk mengembangkan kemampuan dalam mendukung publikasi potensi lokal Hargorejo.


Kak Ragil Prasedewo sebagai narasumber workshop menyampaikan beberapa materi, di antaranya :
1. Apa itu Photovoice
2. Perangkat Fotografi
3. Aplikasi Pengedit Foto
4. Kesiapan
5. Fokus
6. Pemanfaatan momentum
7. Sudut pengambilan foto
8. Elemen fotografi 
9. Cerita dibalik potret foto

Kak Ragil juga mengajak para peserta untuk membentuk 3 kelompok besar dan memulai praktik pengambilan foto sesuai dengan materi yang telah disampaikan sebelumnya. Setelah itu pada sesi diskusi, peserta workshop dari masing-masing kelompok melakukan presentasi atas hasil karya foto yang diambil.

Diakhir acara, dilakukan review kegiatan workshop fotografi oleh Kak Rully dari Mitra Wacana. Pada sesi review, para peserta memberikan kesan dan feedback mengenai kegiatan workshop serta aspirasi mengenai kegiatan yang dapat dilaksanakan pada agenda mendatang. (Annisa Istika/Yuli S)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image