You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Tetap Sehat di Musim Penghujan? Siapa Takut!

Admin Hargorejo 02 November 2022 Dibaca 135 Kali
Tetap Sehat di Musim Penghujan? Siapa Takut!

Saat ini telah memasuki musim penghujan secara merata di hampir seluruh wilayah Indonesia, termasuk di wilayah Kulon Progo dan Hargorejo khususnya. Ancaman terkena penyakit, seperti flu dan masalah pencernaan, bahkan malaria dan demam berdarah mulai menghantui. Namun, terdapat beberapa kiat untuk tetap menjaga kesehatan di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu sebagai berikut:

  1. Menjaga Pola Makan
    Musim penghujan cenderung menyebabkan suhu tubuh menjadi lebih rendah. Untuk menghangatkan tubuh, salah satunya adalah memerlukan banyak kalori. Jangan lewatkan sarapan, makan siang, dan makan malam. Asupan gizi sangat penting bagi daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang baik dapat meminimalisasi risiko terjangkit penyakit, seperti flu dan masalah pencernaan.
  2. Olahraga
    Sederhana dan mudah, namun besar manfaatnya bagi sistem kekebalan tubuh. Minimal latihan fisik selama 30 menit sehari mampu mengaktifkan sel darah putih (leukosit). Hal tersebut bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, juga bermanfaat untuk menjaga sirkulasi darah dan kekuatan otot.
  3. Menjaga kualitas tidur
    Kualitas tidur sangat menentukan dan berperan penting di tengah cuaca dingin musim hujan. Tidur yang cukup dan nyenyak sangat penting untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.
  4. Mengelola stres
    Pada musim penghujan, seseorang mudah terkena stres, terutama saat mengalami kendala pada aktivitas sehari-hari, misalkan terkena macet akibat banjir. Melakukan manajemen stres, seperti dengan menenangkan diri melalui relaksasi dapat meningkatkan ketenangan dalam melaksanakan kegiatan.

Melalui beberapa kiat yang telah dijelaskan, maka musim penghujan bukan lagi menjadi penghalang untuk beraktivitas secara normal dengan kesehatan yang terjaga. Risiko yang dapat diakibatkan terkena hujan dapat diantisipasi dengan langkah-langkah yang positif dan tentunya sehat.

 

Penulis : Annisa Istika

Referensi : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image