You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO I SOSIAL MEDIA : Instagram @kalurahan_hargorejo I Twitter @pemkalhargorejo I Youtube : Kalurahan Hargorejo

Pemuda Berkarakter Kunci Memajukan Indonesia

Admin Hargorejo 14 November 2022 Dibaca 136 Kali
Pemuda Berkarakter Kunci Memajukan Indonesia

Memaknai Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November, mengingatkan pada peristiwa pertempuran besar di Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Peringatan Hari Pahlawan ini dapat dijadikan momentum untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan di masa lalu. Perjuangan tersebut juga tidak terlepas dari peran para pemuda sebagai pejuang untuk melawan penjajah demi mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pengorbanan tenaga, keringat, darah, hingga nyawa para pahlawan bangsa yang gugur demi menjaga negara tercinta, patut untuk diteladani oleh setiap warga negara Indonesia, tak terkecuali pemuda.

Pemuda, sebagai generasi penerus bangsa Indonesia memiliki tugas dan tanggung jawab bersama untuk mempertahankan, memperbaiki, dan memajukan Indonesia. Oleh karena itu, perlu bagi pemuda untuk menanamkan karakter sebagai kunci untuk memajukan Indonesia.

1. Mengutamakan Aksi
Pemuda yang berpikir kritis dan berani menyampaikan opini merupakan pemuda yang memiliki sikap cerdas. Alangkah lebih baik apabila opini dan pendapat tersebut dikuatkan dengan aksi positif untuk mengimplementasikan nilai-nilai luhur perjuangan para pahlawan sekaligus meneladani perjuangan yang sudah dipersembahkan untuk bangsa dan negara. Pemuda dituntut harus siap dengan segala sesuatu yang serba cepat pada era globalisasi.

2. Membuang Sifat Malas
Pemuda harus dapat lebih produktif dengan mengikuti berbagai kegiatan positif, seperti menimba ilmu, berolahraga, dan berorganisasi. Rasa malas yang muncul harus dipadamkan dan berusaha diubah menjadi semangat perjuangan, persatuan, dan kesatuan untuk pemuda dalam mengisi kemerdekaan yang telah diraih.

3. Berjiwa Sosial Tinggi
Kepekaan sosial harus ditumbuhkan sebagai karakter pemuda yang tangguh. Menumbuhkan kepekaan sosial dapat dimulai dari hal kecil, seperti mengikuti gotong royong dan kegiatan sosial bermasyarakat. Pemuda juga dapat membiasakan perilaku Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun. Pemuda harus tetap semangat menjaga kerukunan serta melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

4. Pekerja Keras dan Disiplin
Kerja keras dan disiplin dapat memberikan nilai lebih terhadap pemuda. Karakter tersebut dapat menjadikan pemuda sebagai pribadi yang kuat dengan jiwa yang memandang ke depan. Selain itu, pemuda juga mampu membangun optimisme demi kemajuan bangsa.

5. Cinta Damai
Pemuda yang menanamkan karakter cinta damai akan menjunjung tinggi sikap toleransi terhadap sesama. Membuang jauh segala perbedaan, menyatukan hati, demi Indonesia yang lebih baik.

 

Penulis : Annisa Istika

Referensi : Kementerian Pemuda dan Olahraga RI

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image