You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Seni Karawitan "Suka Budaya": Nguri Uri Kabudayan Tradisi

Administrator 29 Januari 2022 Dibaca 748 Kali
Seni Karawitan

Pastinya anda semua sudah tidak asing dengan istilah seni karawitan. Ya, seni karawitan adalah kesenian musik tradisional Jawa yang menggunakan instrumen dari gamelan. Jenis gamelan yang dipakai bermacam-macam, mulai dari kendang, bonang, demung, saron, peking, kenong, kethuk, kempyang, gong, suwukan, serta kempul. Seni karawitan adalah warisan budaya yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Pada awalnya, seni karawitan hanya dipertunjukkan di lingkungan kraton. Namun seiring waktu karena keterbukaan kraton beserta palilah dalem, seni karawitan mulai berbaur dengan masyarakat. Dengan diiringi suara sinden yang menyanyikan lagu tradisional Jawa, pagelaran seni karawitan tampak estetik dan menghanyutkan.

Salah satu upaya masyarakat untuk mempertahankan (jawa : nguri-uri) seni karawitan agar tidak punah adalah mendirikan sanggar seni atau kelompok seni karawitan. Di Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap, salah satu kelompok seni karawitan yang masih eksis adalah Paguyuban Seni Karawitan Suka Budaya. Paguyuban seni yang terletak di Padukuhan Sangkrek terus berlatih meskipun pertunjukan kesenian ini telah vakum selama dua tahun karena pandemi. Mengawali tahun 2022, paguyuban karawitan ini turut serta memeriahkan acara Merti Dusun yang bertempat di Balai Padukuhan Sangkrek pada Sabtu, 29 Januari 2022. Mengenakan pakaian adat Jawa kuno, yaitu pakaian lurik dan jarik putih, para wiyaga tampak serasi dengan warna alat musik gamelan yang dipertunjukkan. Harapannya, seni karawitan ini dapat menjadi salah satu potensi wisata budaya Hargorejo dalam menyambut Desa Wisata.

Penulis: Ajru Fajriyah

(SN’e)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image