You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

UMKM Tegar Lestari, Pusat Olahan Herbal dan Pangan Khas Hargorejo

Administrator 19 Januari 2022 Dibaca 354 Kali
UMKM Tegar Lestari, Pusat Olahan Herbal dan Pangan Khas Hargorejo

                UMKM Tegar Lestari binaan Ibu Tri Suratminah yang berada di Padukuhan Gunung Rego, Kalurahan Hargorejo Kapanewon Kokap,mulai berdiri sejak tahun 2013. Pendirian UMKM ini berasal dari inisiasi sekelompok ibu rumah tangga untuk mendirikan unit usaha dengan memanfaatkan bahan lokal yang banyak tersedia di Kalurahan Hargorejo seperti rempah-rempah, kelapa dan ketela pohon. Pada awalnya, produk mereka hanya dipasarkan secara door to door, namun sekarang sudah mempunyai toko sendiri, bahkan sudah merambah ke pemasaran online. Selain melalui facebook dan whatsapp, informasi seputar produk-produk UMKM Tegar Lestari juga dapat diakses melalui aplikasi TaniKU yang dikembangkan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo.

                Salah satu hasil olahan pangan berbahan dasar ketela pohon yang diproduksi oleh UMKM Tegar Lestari adalah mocaf (Modified Cassava Flour). Menurut Bu Tri Suratminah, tepung mocaf dimodifikasi sedemikian rupa dengan cara fermentasi oleh bakteri asam laktat. Modifikasi ini dilakukan untuk mengubah karakteristik tepung sehingga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan berbagai produk olahan pangan.  Mocaf memiliki tekstur yang lembut, berwarna putih dan aroma ketelanya tidak terlalu terasa. Meskipun sama-sama terbuat dari singkong, mocaf berbeda dengan tepung tapioka. Tapioka adalah pati yang diekstrak dari umbi singkong, sedangkan mocaf lebih kepada ‘makanan utuh’ yang terbuat dari seluruh umbi. Mocaf merupakan jenis tepung bebas gluten yang lebih ramah pada pencernaan daripada gandum. Selain itu, mocaf merupakan tepung non-alergen, rendah kalori serta rendah lemak. Mocaf sangat cocok dijadikan bahan olahan kue kering seperti cookies, brownies dan roti yang bertekstur padat.

                Selain mocaf, olahan sari rempah juga merupakan produk unggulan UMKM Tegar Lestari. Salah satu jenis olahan rempah yang menjadi andalan di masa pandemi adalah sari jahe. Sentuhan inovasi yang diberikan Bu Suratminah pada produk ini adalah pada komposisi bahan, yang biasanya komposisi gula pada sari jahe lebih banyak daripada jahe, maka beliau membuat komposisi jahe 90% lebih banyak daripada komposisi gulanya. Hal ini dilakukan mengingat beberapa konsumen cenderung menghindari  kandungan glukosa pada gula, baik itu gula jawa maupun gula lainnya. Beberapa jenis olahan rempah lainnya antara lain sari kunyit, sari daun salam, sari serai, sari temu lawak dan sari kencur.

                Hingga saat ini, sudah sekitar 15 jenis produk yang dihasilkan oleh UMKM Tegar Lestari, di antaranya kerecek singkong, tepung thiwul, tepung mocaf, geblek, sari rempah-rempah, gula aren dan masih banyak lainnya. Selain produk olahan, UMKM ini juga melakukan budidaya secara mandiri untuk memenuhi kebutuhan produksi seperti ketela pohon dan tanaman rempah. Bagi pelanggan yang berminat dengan produk UMKM Tegar Lestari dapat menghubungi Contact Person : +6281227580087 (Ibu Tri Suratminah).

Penulis  : Ajru F

Sumber : Tri Suratminah

Editor    : Yuli S

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image