You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Media Tanam dari Tanah Perakaran Bambu

Administrator 06 Desember 2021 Dibaca 2.410 Kali
Media Tanam dari Tanah Perakaran Bambu

Hargorejo. Banyak yang menganggap bahwa pohon bambu selalu dikaitkan dengan mitos tempat tinggal para dedemit. Faktanya, tanah di bawah perakaran bambu justru merupakan media tanam yang sangat baik. Daerah sekitar perakaran pohon bambu atau biasa disebut dengan rizosfer sangat kaya akan unsur hara dan mengandung mikroorganisme yang berfungsi untuk memelihara kesehatan akar tanaman, penyerapan unsur hara serta membantu tanaman beradaptasi dengan lingkungan baru.

Seperti yang diterangkan oleh Penyuluh BPP Kokap, Bapak Suhatman dalam acara Sosialisasi Pemanfaatan Tanah Kas Desa yang diadakan pada Jum'at, 3 Desember 2021 lalu bahwa tanah perakaran bambu sangat baik untuk dijadikan campuran media tanam agar akar tanaman tidak mudah mlosoh (membusuk).  

Bukti adanya mikroba atau jamur yang berada di perakaran bambu adalah ketika malam hari bagian bawah rumpun bambu nampak seperti mengeluarkan cahaya. Jamur tersebut bernama Trichoderma Viride. Pada saat ini, media tanam berupa tanah perakaran bambu sudah dijual secara masif baik di toko-toko tanaman maupun platform jual beli online. Jadi, kita bisa dengan mudah mendapatkannya meskipun tidak memiliki rumpun bambu di pekarangan.

 

Penulis : Afa

Editor : Indi

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image