You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Logo Kalurahan HARGOREJO
Logo Kalurahan HARGOREJO
HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO I SOSIAL MEDIA : Instagram @kalurahan_hargorejo I Twitter @pemkalhargorejo I Youtube : Kalurahan Hargorejo

Kader Kesehatan Hargorejo Ikuti Pelatihan Pembuatan SOP di Puskesmas Kokap 1

Admin Hargorejo 27 Mei 2024 Dibaca 175 Kali
Kader Kesehatan Hargorejo Ikuti Pelatihan Pembuatan SOP di Puskesmas Kokap 1

Bertempat di Aula Pukesmas  Kokap lantai 2, sejumlah 30 kader kesehatan dari Kalurahan Hargorejo mengikuti pelatihan pembuatan Standar Oprasional Prosedur (SOP) kader kesehatan pada Sabtu (25/05/2024). Acara yang diadakan oleh Puskesmas Kokap 1 ini dimulai pada pukul 09.00 WIB. Selain kader kesehatan, hadir pula dalam acara ini Kepala Puskesmas Kokap 1, Petugas Gizi dan Bidan Puskesmas Kokap 1. Usai pembukaan dan menyanyikan lagu wajib, sambutan disampaikan oleh Kepala Puskesmas Kokap 1, drg. Dyah Tri Handayani. Dalam sambutannya, ia memberikan apresiasi atas partisipasi para kader kesehatan dalam acara tersebut.

Materi yang pertama disampaikan oleh Petugas Gizi Puskesmas Kokap 1, Bu Datik. Ia menyampaikan tentang 25 ketrampilan dasar kader bidang kesehatan. Tuturnya lagi, kader kesehatan dibagi menjadi 3 tingkat, yakni purna, madya dan utama. Bagi kader yang sudah menguasai tingkat utama, maka ia berhak mengikuti perlombaan. Ia juga menjelaskan bahwa paket kesehatan di posyandu terdiri dari lima langkah, yakni pendaftaran, penimbangan (meliputi pengukuran TB, LILA, LIKA, Lingkar perut, cek tensi, kolesterol, gula darah dan lainnya), pencatatan, pelayanan kesehatan, dan penyuluhan. Oleh karenanya, ia berharap agar mulai bulan depan, masing-masing posyandu dapat menerapkan kelima langkah tersebut.

Materi yang ke dua tentang lokakarya pembuatan SOP tatalaksana balita. SOP tersebut terkait masalah gizi balita mulai dari tumbuh kembang, weight faltering (kondisi ketika kenaikan berat badan bayi tidak sesuai dengan standar berat badan bayi sehat pada umumnya), stunting, serta rujukan yang harus diberikan. Untuk mempermudah penyerapan materi, para peserta dibagi menjadi 8 kelompok. Masing-masing kelompok diberi tugas mengerjakan soal-soal yang disediakan dan perwakilan kelompok bertugas membacakan jawaban di depan peserta lainnya. (Ajru F)


Sumber: Nur Widayanti

Bagikan Artikel Ini
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBK 2024 Pelaksanaan

Pendapatan
Rp 3.421.894.699,00 Rp 3.428.029.699,00
99.82%
Belanja
Rp 3.512.806.699,00 Rp 3.556.005.689,00
98.79%
Pembiayaan
Rp 127.976.678,00 Rp 127.975.990,00
100%

APBK 2024 Pendapatan

Hasil Usaha Kalurahan
Rp 13.600.000,00 Rp 13.600.000,00
100%
Hasil Aset Kalurahan
Rp 107.710.000,00 Rp 107.710.000,00
100%
Dana Desa
Rp 1.694.238.000,00 Rp 1.700.373.000,00
99.64%
Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi
Rp 171.785.308,00 Rp 171.785.308,00
100%
Alokasi Dana Kalurahan
Rp 1.087.739.991,00 Rp 1.087.739.991,00
100%
Bantuan Keuangan Provinsi
Rp 225.000.000,00 Rp 225.000.000,00
100%
Penerimaan Dari Hasil Kerjasama Antar Kalurahan
Rp 55.621.400,00 Rp 55.621.400,00
100%
Penerimaan Bantuan Dari Perusahaan Yang Berlokasi Di Kalurahan
Rp 60.000.000,00 Rp 60.000.000,00
100%
Bunga Bank
Rp 5.000.000,00 Rp 5.000.000,00
100%
Lain-Lain Pendapatan Desa Yang Sah
Rp 1.200.000,00 Rp 1.200.000,00
100%

APBK 2024 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Kalurahan
Rp 1.589.974.340,00 Rp 1.629.109.212,00
97.6%
Bidang Pelaksanaan Pembangunan Kalurahan
Rp 1.092.790.000,00 Rp 1.146.097.200,00
95.35%
Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Kalurahan
Rp 410.387.159,00 Rp 404.080.277,00
101.56%
Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan
Rp 233.545.800,00 Rp 254.660.700,00
91.71%
Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Kalurahan
Rp 186.109.400,00 Rp 122.058.300,00
152.48%