You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Mengapa Ngulakan ? (3) ( Mengenal Merpati Putih Lebih Dalam )

Administrator 05 April 2021 Dibaca 1.341 Kali

Sampai ditahun 2021, Merpati Putih telah sampai pada Grat XI. Grat dalam artian silsilah keturunan. Dan sejak Grat ke VIII ( RM Wongso Djoyo) dimakamkan di Ngulakan. Dalam ceritanya Bhekti Murdayanto menyampaikan “ Sebenarnya Merpati Putih diturunkan menurut spesialisasinya sendiri-sendiri. Dengan mempunyai dua saudara lainya yaitu Gagak Samudro dan Gagak Seto. Gagak Samudro diwariskan ilmu pengobatan. Sementara Gagak Seto diwariskan Ilmu sastra). Sementara untuk ilmu Bela diri diturunkan pada Gagak Handoko yang merupakan Grat ke IV.  Pecahnya ilmu ini dilakukan sejak Grat ketiga oleh R. Ay. Djojoredjoso”. 

2 Jasad yang terbaring di makam Bulu yaitu Mas Saring, Mas Poeng dan Mas Budi merekalah yangmendapatkan ilmu turunan dari Gagak Handoko (Grat IV).  Sampai sekarang ini Merpati Puth masih mencari 2 saudaranya yang lain untuk bersatu kembali. 

Silsilah Turunan aliran PPS Betako Merpati Putih:
BPH Adiwidjojo: Grat-I, Ph Singosari: Grat-II, R Ay Djojoredjoso: Grat-III, Gagak Handoko: Grat-IV, Rm Rekso Widjojo: Grat-V, R Bongso Djojo: Grat-VI, Djo Premono: Grat-VII, RM Wongso Djojo: Grat-VIII (dimakamkan di makam Dukuh Ngulakan ), Kromo Menggolo: Grat-IX, Saring Hadi Poernomo: Grat-X (dimakamkan di makam Bulu Ngulakan ), Poerwoto Hadi Poernomo dan Budi Santoso Hadi Poernomo: Grat-XI (dimakamkan di makam Bulu Ngulakan).


Penulis : Kemiyati Wirono

Editor : Indi

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image