You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Mengapa Ngulakan? (2)

Administrator 05 April 2021 Dibaca 575 Kali
Mengapa Ngulakan? (2)

Di 2 makam  Ngulakan terkubur jasad Sang Guru. Di makam Bulu, terbaring beliau  Sang Guru Saring Hadi Poernomo, Guru Besar Poerwoto Hadi Poernomo dan Budi Santoso Hadi Poernomo. Sementara dimakam Dukuh terbaring beliau RM Wongso Djojo.  

Jika Perguruan pencak silat  Merpati Putih ini merupakan ilmu keluarga Keraton yang diwariskan secara turun-temurun mengapa sampai di Ngulakan ? “RM Wongso Djojo  (Grat- VIII)  bertabon di rumah Bapak Supardal. Beliau adalah satu prajuti Kraton yang lari pada waktu jaman penjajah sekitar tahun 1934 lalu meninggal disini dan dimakamkan di Dukuh” cerita pak Bhekti kemudian.

Jika ditelisik lebih  dalam ilmu bela diri tangan kosong ini  awalnya dimiliki oleh Sampeyan Dalem Inkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan Pangeran Prabu Mangkurat Ingkang Jumeneng Ing Kartosuro kemudian ke BPH Adiwidjojo (GRAT I). Hingga akhirnya diturunkan secara turun temurun. Namun seiring perkembangan jaman, nyatanya Pencak silat tangan kosong dibawah Merpati Putih ini banyak diajarkan pada Komando Pasukan Khusus di tiap kesatuan ABRI dan Polisi serta Pasukan Pengawalan Kepresidenan (Paspampres).


Penulis : Kemiyati Wirono.

Editor : Indi

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image