You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Partisipasi Graha Media dalam Pelatihan Desain Grafis

Admin Hargorejo 22 Januari 2024 Dibaca 52 Kali
Partisipasi Graha Media dalam Pelatihan Desain Grafis

Sebagai organisasi yang bergerak di bidang media publikasi, Graha Media Hargorejo melaksanakan kegiatan dengan mengikuti Pelatihan Desain Grafis pada Minggu (21/01/2024). Pelatihan Desain Grafis tersebut diselenggarakan oleh Mitra Wacana, dengan dihadiri oleh perwakilan tim media 3 Kalurahan di Kapanewon Kokap, yaitu Hargorejo, Hargotirto, dan Kalirejo. Pembahasan dalam pelatihan ini berfokus pada pembuatan poster.

Pelatihan Desain Grafis tersebut dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama yaitu penyampaian materi dan teori mengenai pembuatan poster yang disampaikan oleh Vivi, selaku narasumber pelatihan. Beberapa hal yang disampaikan, antara lain :
1. Definisi poster
2. Jenis-jenis poster
3. Layout/tata letak poster
4. Komponen poster
5. Prinsip dasar membuat poster yang baik
6. Tips membuat poster

Selama sesi penyampaian materi berlangsung, peserta pelatihan juga diajak untuk diskusi dan berpartisipasi aktif serta menyampaikan pendapat dan gagasan terhadap pesan dalam referensi dan contoh poster yang ditampilkan. Metode tersebut dapat membantu peserta pelatihan untuk memahami materi dan mengantisipasi bias persepsi terhadap makna sebuah poster.

Sesi kedua adalah praktik pembuatan poster. Peserta pelatihan dibagi menjadi 3 kelompok, berdasarkan kalurahan. Masing-masing kelompok diberi sebuah topik pembahasan dan diminta untuk menyusun sebuah konsep hingga menjadi desain poster. Hasil dari diskusi kelompok tersebut dipresentasikan secara bergilir dalam sesi akhir pelatihan.

Tiara, perwakilan dari Graha Media Hargorejo mengungkapkan, "Saya baru pertama kali mengikuti pelatihan dari Mitra Wacana. Acaranya seru, tapi kadang deg-degan juga kalau pas giliran untuk menjelaskan sesuatu. Tapi asyik, ada ice breaking dan kebebasan berpendapat."

Dengan pelatihan desain grafis yang diselenggarakan, diharapkan Graha Media dapat meningkatkan kemampuan dalam menyusun media publikasi yang baik, khususnya poster dalam mendukung tugas fungsi organisasi.

 

Penulis : Annisa Istika

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image