You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Identifikasi SWOT untuk Perencanaan Strategis Karang Taruna Anjir

Admin Hargorejo 26 September 2023 Dibaca 103 Kali
Identifikasi SWOT untuk Perencanaan Strategis Karang Taruna Anjir

Pada Jumat (22/09/2023) berlokasi di Pendopo Padukuhan Anjir, Karang Taruna Anjir mengadakan pertemuan khusus bersama Mitra Wacana. Seperti yang direncanakan sebelumnya, bahwa pertemuan tersebut akan membahas mengenai identifikasi masalah dan potensi dalam perencanaan strategis organisasi. Dihadiri 18 anggota aktif karang taruna, pertemuan dilaksanakan dengan materi yang disampaikan oleh Ruliyanto dan Muhammad Mansur dari Mitra Wacana.

Materi mengenai Analisis SWOT yang disampaikan terdiri dari penjelasan masing-masing komponen, yaitu Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman). Disampaikan pula mengenai tahapan-tahapan analisis SWOT yang dapat diaplikasikan pada penyusunan rencana kegiatan atau identifikasi masalah di organisasi.

Acara dilanjutkan dengan diskusi di mana anggota dibagi menjadi 3 kelompok. Masing-masing kelompok mengidentifikasi organisasi dengan analisis SWOT, yang hasilnya dipresentasikan secara bergiliran. Presentasi dan diskusi yang dilakukan bertujuan untuk melatih kerja sama juga public speaking masing-masing anggota.

Dhimas Aji, salah satu peserta diskusi mengatakan bahwa metode yang digunakan dalam penyampaian materi pertemuan Karang Taruna Anjir dan Mitra Wacana sangat bermanfaat. Hal tersebut dapat memberikan wawasan dan ilmu baru yang mudah dipahami, menjadi lebih peka, terbuka, dan memahami apa yang sedang terjadi di organisasi, baik bersumber dari internal maupun eksternal.

Melalui pertemuan yang diadakan bersama Mitra Wacana, diharapkan anggota Karang Taruna Anjir dapat meningkatkan kapasitas dan partisipasi aktif untuk bersama menguatkan peran pemuda di masyarakat.

 

 

 

 

Penulis : Annisa Istika

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image