You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Hari Lahir Pancasila

Admin Hargorejo 05 Juni 2023 Dibaca 77 Kali
Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila adalah sebuah momen penting dalam sejarah Indonesia yang diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Juni. Pada hari tersebut, kita memperingati kelahiran Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Pancasila sendiri adalah sebuah konsep atau ideologi yang diusung oleh para pendiri bangsa Indonesia sebagai dasar negara. Konsep ini terdiri dari lima prinsip dasar, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Ideologi Pancasila pertama kali diusulkan oleh Bung Karno, salah satu tokoh penting dalam sejarah Indonesia, pada saat sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1 Juni 1945. Pada saat itu, Bung Karno dan para tokoh nasionalis lainnya sedang membahas tentang bentuk negara dan ideologi yang akan diusung oleh Indonesia setelah merdeka dari penjajahan Belanda.

Setelah melalui berbagai diskusi dan perdebatan, akhirnya para anggota BPUPKI sepakat untuk mengambil Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Pada saat itu, Pancasila masih terdiri dari empat prinsip dasar, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan. Kemudian pada sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945, ditambahkan prinsip Kelima, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia sehingga Pancasila menjadi terdiri dari lima prinsip dasar.

Pancasila menjadi dasar negara Indonesia sejak kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Konsep ini dijadikan sebagai panduan dalam pembentukan negara dan pemerintahan Indonesia serta menjadi landasan bagi kebijakan-kebijakan pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan dan mengatur kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Perayaan Hari Lahir Pancasila dilakukan setiap tahun pada tanggal 1 Juni. Pada hari tersebut, biasanya dilakukan berbagai kegiatan seperti upacara bendera, seminar, diskusi, dan lain sebagainya yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Dalam perkembangannya, Pancasila juga sering dijadikan sebagai alat untuk mengatasi berbagai konflik dan perbedaan di Indonesia. Konsep ini menjadi jembatan penghubung yang menghubungkan berbagai suku, agama, dan budaya yang ada di Indonesia.

Dapat kita simpulkan bersama bahwa Hari Lahir Pancasila menjadi momen penting dalam sejarah Indonesia yang diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Juni. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki lima prinsip dasar yang menjadi panduan dalam pembentukan dan pengaturan negara dan pemerintahan Indonesia. Selain itu, Pancasila juga menjadi jembatan penghubung yang menghubungkan berbagai suku, agama, dan budaya yang ada di Indonesia. (Rullyanto)

Sumber : CNN Indonesia

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image