You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

UKRIM Adakan Pelatihan UMKM Berbasis Kemitraan di Perpustakaan Swapustaka Hargorejo

Admin Hargorejo 04 Desember 2023 Dibaca 42 Kali
UKRIM Adakan Pelatihan UMKM Berbasis Kemitraan di Perpustakaan Swapustaka Hargorejo

Bermula pada pelatihan UMKM berbasis kemitraan perdana yang diadakan di Balai Kalurahan Hargorejo pada Sabtu (18/11/2023), Universitas Kristen Immanuel (UKRIM) Yogyakarta mengadakan pelatihan tahap ketiga. Pelatihan tahap ketiga kali ini bertempat di Lantai 2 Perpustakaan Swapustaka Hargorejo pada Sabtu (02/12/2023). Peserta pelatihan merupakan kelompok UMKM pembuatan gendewa (busur panahan) yang ada di Hargorejo. Selain pemasaran produk, peserta juga diajarkan tentang pembukuan bagi pelaku usaha. Hal ini mengingat pembukuan/pencatatan sangat penting agar bisnis dapat bertahan dan berjalan lancar. Dalam pembukuan  tidak hanya untuk mengatur arus keuangan saja, namun juga berkaitan dengan berbagai keputusan yang akan diambil untuk kelangsungan usaha.

Sebelumnya, pihak UKRIM juga telah menyerahkan bantuan kepada kelompok UMKM pembuatan gendewa berupa peralatan pembuatan gendewa. Selain itu, UKRIM juga mengadakan pelatihan pembuatan tas sebagai wadah/tempat gendewa. Gendewa sendiri dipilih mengingat di Kalurahan Hargorejo terdapat olaraga panahan jemparingan yang terletak di Padukuhan Kliripan dan Ngulakan. Harapannya, selain diproduksi untuk keperluan olahraga juga dapat dipasarkan kepada masyarakat luas serta sebagai bentuk pelestarian budaya.

 

 

Penulis : Ajru F.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image