You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

TPA Lansia RT.061 Selo Timur, Tetap Produktif di Usia Senja

Admin Hargorejo 27 Desember 2023 Dibaca 96 Kali
TPA Lansia RT.061 Selo Timur, Tetap Produktif di Usia Senja

Usia bukanlah halangan untuk menuntut ilmu. Meskipun pada lansia kemampuan kognitifnya mulai menurun, namun hal itu bukanlah suatu penghalang untuk senantiasa menuntut ilmu. Justru menurunnya jumlah aktifitas fisik pada lansia dapat dimanfaatkan untuk belajar. Hal itu pula yang diterapkan oleh para lansia di RT.061 Padukuhan Selo Timur. Pada Jum’at malam (22/12/2023), para lansia mengikuti kegiatan TPA mulai pukul 19.30 hingga 21.00 WIB di rumah Yudi. Kegiatan TPA ini rutin dilaksanakan setiap malam Sabtu dan dihadiri sekitar 25 orang lansia baik laki-laki maupun perempuan.

Kegiatan TPA diawali dengan berdoa bersama dan dilanjutkan dengan tausiyah dari Ustadz Sutrisno sebagai penyemangat bagi para lansia dalam menuntut ilmu serta pengetahuan tentang hukum bacaan. Selain Ustadz Sutrisno, para pengajar yang lain adalah Ustadz Muryanto, Ustadz Ihwan, Ustadzah Santi dan Ustadzah Zeny. Kegiatan mengaji dilakukan dengan membaca secara bergantian bagi yang tingkat iqro'. Bagi yang sudah tingkat Al-Qur’an tempatnya dipisah tersendiri. Setelah selesai kegiatan mengaji ditutup dengan doa penutup majelis yang dilakukan bersama-sama. Meski di usia yang sudah lanjut, semangat para lansia untuk mengaji tidak kalah dari generasi mudanya.

 

 

Penulis : Ajru F.

Sumber : Nur Widayanti

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image