You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Kiat Menyelenggarakan Karyawisata Lansia Versi Pengurus Kelompok Lansia Padukuhan Anjir

Admin Hargorejo 05 Oktober 2023 Dibaca 132 Kali
Kiat Menyelenggarakan Karyawisata Lansia Versi Pengurus Kelompok Lansia Padukuhan Anjir

Wisata adalah salah satu bentuk penyegaran bagi setiap orang, tidak terkecuali lansia. Meski usia lanjut, wisata memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan, kesejahteraan, dan kualitas hidup lansia. Namun, terdapat beberapa hal yang harus diantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam kegiatan wisata khusus lansia.

Secara khusus, pengurus kelompok lansia Padukuhan Anjir memiliki kiat dan trik untuk menyelenggarakan kegiatan karyawisata lansia yang aman dan nyaman, serta tetap memperhatikan kondisi lansia.

1. Pemilihan lokasi
Lokasi wisata lansia mempertimbangkan kemampuan fisik dan mobilitas lansia, untuk dapat berjalan-jalan serta menikmati udara yang menyegarkan. Pantai menjadi salah satu lokasi yang dapat menjadi referensi karena lokasinya yang terbuka, sehingga meminimalisasi lansia tersesat. Namun terdapat beberapa pertimbangan untuk antisipasi, seperti mengimbau lansia agar tidak terlalu dekat dengan air dan segera berteduh apabila cuaca dirasa terlalu panas bagi lansia.

2. Penyertaan pendamping
Kemampuan pengurus sebagai panitia yang terbatas untuk menangani banyaknya peserta lansia, maka bagi lansia yang perlu pendampingan khusus, diminta untuk menyertakan pendamping dari anggota keluarga yang lebih muda. Hal tersebut dapat membantu tugas panitia dan lansia dapat tetap terjamin kondisinya.

3. Pengaturan Perjalanan yang Fleksibel
Perjalanan yang nyaman bagi lansia dapat disesuaikan bersama agen wisata dan perjalanan, seperti jadwal kegiatan yang tidak terlalu padat serta waktu istirahat, ibadah, dan makan yang cukup.

4. Mengutamakan kesehatan dan kondisi lansia selama perjalanan
Menyediakan camilan untuk sarapan ketika berangkat, minuman hangat, peralatan P3K, dapat juga membawa alat ukur tensi, oximeter, untuk memantau kondisi lansia, terutama untuk lansia yang berisiko sakit. Pengurus dan kader lansia Padukuhan Anjir membawa peralatan pemeriksaan rutin kesehatan lansia dikarenakan kegiatan tersebut dilakukan di salah satu lokasi wisata.

5. Antisipasi dengan Kartu Nama dan Kontak Pengurus
Pemberian kartu nama yang memuat kontak pengurus bagi seluruh peserta dapat memberikan beberapa kemudahan, di antaranya :
- memudahkan panitia untuk mengetahui kelengkapan peserta
- peserta lansia dapat mengamati tanda sebagai ciri khas rombongannya
- apabila terpisah dari rombongan, lansia dapat meminta tolong pengelola wisata atau pengunjung lain untuk menghubungi kontak yang tertera pada kartu nama

Pada pelaksanaan karyawisata khusus lansia, penting untuk selalu mempertimbangkan kebutuhan, preferensi, dan kondisi kesehatan masing-masing. Dengan perhatian dan perencanaan yang tepat, karyawisata dapat menjadi pengalaman berharga dan memberikan manfaat bagi lansia dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan lansia.

 

 

Penulis : Annisa Istika

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image