You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Peringatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor Sedunia dan Kelestarian Lingkungan Hidup

Admin Hargorejo 22 September 2023 Dibaca 122 Kali
Peringatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor Sedunia dan Kelestarian Lingkungan Hidup

Hari Bebas Kendaraan Bermotor Sedunia (HBKBS) bisa disebut juga sebagai World Car Free Day (WCFD). HBKBS diperingati setiap tanggal 22 September dan bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor atau ketergantungan masyarakat menggunakan kendaraan pribadi. Maka, masyarakat dapat menggunakan alternatif dengan kendaraan transportasi umum.

Peringatan hari bebas kendaraan bermotor sedunia ini sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar terkait polusi udara dan biasanya didorong oleh aktivitas bidang transportasi atau lingkungan. Dalam kegiatan ini masyarakat dianjurkan untuk berjalan kaki atau bersepeda. Pada beberapa daerah, car free day menjadi rutinitas pada akhir pekan di titik tertentu.

Berikut adalah beberapa manfaat yang diperoleh dari peringatan hari bebas kendaraan bermotor.

1. Mengurangi Polusi Udara
Penggunaan kendaraan bermotor adalah salah satu penyebab polusi udara di banyak kota. Dengan mengurangi jumlah kendaraan yang beroperasi selama Hari Bebas Kendaraan Bermotor, maka dapat mengurangi emisi gas buang yang berpotensi memperburuk kualitas udara dan mengganggu kesehatan.

2. Mendukung Mobilitas Berkelanjutan
Kebiasaan bebas kendaraan bermotor mendorong orang untuk mencari alternatif transportasi yang lebih ramah lingkungan. Misalnya berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum yang disesuaikan kebutuhan aktivitas. Hal ini membantu mengedukasi masyarakat tentang opsi mobilitas berkelanjutan yang dapat digunakan sehari-hari.

3. Mengurai Kemacetan Lalu Lintas
Dengan mengurangi jumlah kendaraan di jalan, Hari Bebas Kendaraan Bermotor dapat membantu mengurangi kemacetan lalu lintas. Hal ini dapat menghemat waktu dan energi masyarakat yang sering terjebak dalam kemacetan.

4. Edukasi Lingkungan
Peringatan ini merupakan kesempatan untuk mengedukasi masyarakat tentang dampak negatif kendaraan bermotor terhadap lingkungan. Misalnya, pemanasan global dan perubahan iklim. Hal ini dapat mendorong kesadaran tentang perlunya tindakan untuk melindungi bumi.

5. Motivasi Perubahan Perilaku
Dengan mengalami langsung manfaat dari Hari Bebas Kendaraan Bermotor, banyak orang mungkin akan terinspirasi untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Nantinya, kebiasaan tersebut akan membantu memperbaiki kondisi lingkungan dan kesehatan pribadi.

 

 

 

Penulis : Annisa Istika

Sumber : adjar.grid.id - 7 Manfaat Adanya Hari Bebas Kendaraan Bermotor

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image