You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Fenomena Doorprize pada Perayaan Kegiatan

Admin Hargorejo 04 Agustus 2022 Dibaca 692 Kali
Fenomena Doorprize pada Perayaan Kegiatan

Setiap kegiatan, terutama pada suatu perayaan yang melibatkan banyak orang, seringkali ditemui sesi pembagian hadiah yang biasa disebut dengan 'doorprize'. Biasanya, doorprize diberikan di sela-sela kegiatan berlangsung, seperti saat istirahat setelah senam massal, pertengahan lomba, dan sesaat sebelum acara hiburan.

Menjelang peringatan kemerdekaan Indonesia ke 77, sebagian besar organisasi di berbagai wilayah mengadakan kegiatan dengan membubuhi kalimat 'banyak doorprize menarik' atau 'full doorprize' pada pengumuman dan lembar informasi yang disebarluaskan, seperti yang dilakukan oleh Karang Taruna Anjir. Beberapa kegiatan yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Anjir telah dipersiapkan sesi pembagian doorprize.

Sebenarnya, apa daya tarik doorprize bagi keberlangsungan kegiatan publik? Yuk, simak penjelasan berikut.

1. Apresiasi Positif
Pembagian doorprize dalam sebuah acara disimbolkan sebagai hadiah dan apresiasi positif terhadap peserta atas kehadiran dan partisipasi dalam acara tersebut. Harapannya, para peserta dapat lebih termotivasi untuk bersemangat mengikuti acara sampai dengan selesai karena kehadirannya merasa dihargai.

2. Meningkatkan Partisipasi Peserta 
Disadari atau tidak, doorprize mampu menambah atensi masyarakat dalam mengikuti sebuah acara, melalui syarat-syarat tertentu yang ditetapkan. Sebagai contoh, doorprize diberikan bagi masyarakat yang berkenan mengikuti vaksinasi sesuai kuota yang ditetapkan. Dapat pula doorprize diberikan dengan menjawab sebuah pertanyaan atau melaksanakan tantangan tertentu. Para peserta akan melakukan yang terbaik atas motivasi yang diperoleh dari adanya doorprize.

3. Meningkatkan Branding/Citra Positif
Dalam pembagian doorprize, seringkali sebuah organisasi atau entitas mendapat perhatian dari para peserta dan masyarakat. Perhatian yang diperoleh biasanya adalah opini bahwa kegiatan yang diadakan cukup menarik. Namun, hal tersebut perlu diikuti juga dengan menjaga kualitas kegiatan agar kebermanfaatan kegiatan dapat diterima oleh peserta dan masyarakat.

Dari beberapa hal tersebut, dapat dikatakan doorprize memiliki daya tarik tertentu untuk menyukseskan sebuah acara. Namun, keberadaan doorprize juga harus diimbangi dengan kualitas kegiatan yang baik dan bermanfaat, sehingga tetap mendapatkan atensi yang tinggi dari masyarakat.

 

Penulis: Annisa Istika

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image