You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Kelompok Seni Karawitan Suka Budaya Sangkrek Adakan Jamasan Gongso

Admin Hargorejo 15 Agustus 2022 Dibaca 236 Kali
Kelompok Seni Karawitan Suka Budaya Sangkrek Adakan Jamasan Gongso

Hargorejo. Untuk melestarikan tradisi Jawa, kelompok Seni Karawitan Suka Budaya Sangkrek mengadakan jamasan gongso  pada Jum'at malam (12/08/2022). Jamasan gongso ini dilakukan di rumah salah satu warga Padukuhan Sangkrek, Bapak Nur Sholeh. 

Jamasan gongso sendiri merupakan tradisi membersihkan gamelan (khususnya gong) yang diadakan setiap tahunnya pada bulan Suro. Tradisi ini dengan memandikan gamelan menggunakan air yang telah didoakan sebelumnya. Selain untuk meminta keberkahan, ritual ini juga dimaksudkan agar dapat terhindar dari marabahaya (Jawa : tolak balak).

Di Padukuhan Sangkrek sendiri, dalam acara ini selain ritual memandikan gong juga disediakan nasi tumpeng lengkap dengan ingkungnya. Selain mempunyai maksud tersendiri, warga juga merasa bahwa tradisi jamasan gongso dan kesenian gamelan perlu dilestarikan agar generasi penerusnya tidak kehilangan identitas sebagai masyarakat Jawa yang berbudaya.

 

Penulis: Ajru F.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image